Bagikan
Pengkinian data BPJS Ketenagakerjaan diperlukan untuk memastikan bahwa semua informasi pribadi tentang peserta yang terekam dalam sistem BPJS Ketenagakerjaan sudah akurat dan terkini. Nah, bagaimanakah cara melakukan pengkinian data? Simak tutorial lengkapnya dalam kelanjutan artikel ini!
Pengkinian data atau pembaruan data adalah proses pembaruan atau verifikasi data peserta BPJS Ketenagakerjaan melalui aplikasi JMO. Proses ini memastikan bahwa informasi data kependudukan, kontak (nomor handphone), email, data NPWP, rekening bank, serta data tambahan dan kontak darurat selalu ada dalam status terkini atau ter-update.
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pengkinian data bertujuan untuk membuat data peserta yang tersimpan dalam database BPJS Ketenagakerjaan merupakan data paling baru. Dengan data yang terkini, peserta sudah:
Memastikan status kepesertaan. Peserta membantu BPJS Ketenagakerjaan mengetahui bahwa statusnya masih aktif dan data yang terhimpun adalah valid untuk kebutuhan verifikasi dan proses pencairan klaim.
Memastikan kelancaran pembayaran manfaat. Karena data peserta sudah terbaru, petugas BPJS Ketenagakerjaan dapat melakukan proses verifikasi pengajuan klaim dengan cepat. Artinya, pembayaran manfaat jaminan sosial bisa selesai dalam waktu lebih singkat.
JMO adalah aplikasi smartphone berbasis Android dan iOS yang menjadi pusat informasi dan layanan BPJS Ketenagakerjaan. Aplikasi ini dibuat untuk mempercepat dan mempermudah layanan klaim JHT, salah satunya dengan melakukan pengkinian data.
Berikut tutorial atau tahapan melakukan pengkinian data BPJS Ketenagakerjaan di aplikasi JMO:
Perbaru data. Pertama-tama, buka aplikasi JMO di ponsel pintar Anda. kemudian, klik di pop up menu (menu yang muncul) “Update Datamu Sekarang” atau menu “Pengkinian Data” yang ada di beranda aplikasi.
Pengecekan data. Kedua, layar aplikasi JMO akan menunjukkan notifikasi bahwa Anda belum pernah melakukan pengkinian data. Untuk melanjutkan, Anda dapat memencet tombol “Ok, Lanjutkan”. Setelah itu, silakan lakukan pengecekan data kepesertaan Anda. Jika semua data yang tertera sudah sesuai, silakan pilih tombol “Sudah”.
Ambil foto diri. Ketiga, ambillah swafoto (selfie) foto diri Anda. Jangan lupa memerhatikan dan mengikuti panduan ketentuan foto diri untuk verifikasi biometrik yang ada pada laman menu “Verifikasi Peserta”.
Lengkapi data kontak. Keempat, lengkapi data diri Anda sesuai dengan kolom yang tersedia. Data tersebut mencakup nomor handphone, email, serta data NPWP dan Paspor (Opsional). Kemudian, klik tombol “Selanjutnya”.
Lengkapi data kependudukan. Kelima, isilah data kependudukan Anda sesuai dengan kolom yang tersedia. Data tersebut mencakup kabupaten/kecamatan/kelurahan/kode pos, alamat domisili, nama ibu kandung, dan status perkawinan. Jika semua sudah terisi, klik tombol “Selanjutnya”.
Lengkapi data tambahan dan kontak darurat. Keenam, lengkapi data kontak darurat yang Anda rujuk. Data tersebut mencakup pendidikan terakhir, agama, golongan darah, nama lengkap, dan nomor handphone kontak darurat Anda. Jika sudah, klik tombol “Selanjutnya”.
Konfirmasi data yang sudah di-update. Silakan lakukan pengecekan ulang pada semua data yang telah Anda masukkan sebelumnya. Apabila data sudah benar, klik tombol “Konfirmasi”. Proses pengkinian data pun selesai dilakukan.
Demikianlah ulasan mengenai pengkinian data serta tutorialnya melalui aplikasi JMO. Proses ini adalah tahapan awal yang wajib Anda lakukan untuk mendapatkan manfaat BPJS Ketenagakerjaan, baik itu untuk program Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP), dan Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP).
Kapan Sebaiknya Pekerja Migran Indonesia Mendaftar BPJS Ketenagakerjaan?
Kamis, 02 Okt 2025
Tutorial Pengkinian Data BPJS Ketenagakerjaan di Aplikasi JMO
Rabu, 01 Okt 2025
Begini Cara Mengecek Status Klaim BPJS Ketenagakerjaan
Senin, 22 Sep 2025
Punya Aplikasi JMO, Apa Saja Keuntungannya?
Kamis, 18 Sep 2025