Digitalisasi UMKM, Apa Pentingnya dan Bagaimana Melakukannya?

Digitalisasi UMKM, Apa Pentingnya dan Bagaimana Melakukannya?

04 Des 2023

Bagikan

Data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) tahun 2021 mencatat jumlah pelaku UMKM di Indonesia mencapai 64,2 juta dengan kontribusi sebesar 61,07 persen atau setara Rp8.573,89 triliun produk domestik bruto (GDP). Angka ini tentunya dapat bertambah dan meningkatkan perekonomian Indonesia jika para pelaku UMKM mulai melakukan digitalisasi usaha mereka. Yuk, cari tahu lebih lanjut soal digitalisasi UMKM!

Pentingnya digitalisasi UMKM

Kata digitalisasi berarti perubahan dari sistem konvensional atau analog ke sistem digital. Maka, digitalisasi UMKM adalah proses membuat UMKM masuk ke dalam lingkup digital guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses bisnis juga operasional UMKM.

Peralihan UMKM ke sistem digital ini bukan sekadar akan mengubah proses pemasaran dan memperluas jangkauan bisnis dengan bantuan teknologi. Lebih dari itu, proses ini juga dapat membantu pelaku usaha untuk menyederhanakan proses produksi hingga mengatur keuangan dengan lebih mudah, transparan, dan cepat.

Pasalnya, pelaku usaha dapat memesan, mengatur, dan mengontrol kebutuhan bahan baku produksi juga pendistribusian produk secara terpusat menggunakan bantuan teknologi digital. Pelaku usaha juga dapat melakukan pembukuan finansial perusahaan dengan transparan dan minim kesalahan karena bantuan teknologi tersebut.

Dari sisi konsumen, proses ini pun akan mendatangkan untung bagi mereka. Sebab, mereka dapat lebih mudah menjangkau dan memperoleh produk-produk UMKM dengan harga yang lebih terjangkau karena rantai pemasaran yang lebih singkat.

Dengan demikian, semua manfaat di atas dapat memotong biaya juga durasi produksi yang diperlukan oleh pelaku bisnis UMKM, serta memberi mereka keuntungan yang lebih tinggi.

Beberapa contoh digitalisasi UMKM yang telah dilakukan oleh bank sentral Indonesia adalah Digital Farming, Onboarding UMKM, e-Commerce Ekspor UMKM, SIAPIK, dan e-Payment.

Cara melakukan digitalisasi bisnis UMKM

Lantas, bagaimana cara pelaku UMKM mendigitalisasikan usahanya? Berikut adalah tipsnya!

  • Riset pasar

Langkah pertama untuk melakukan digitalisasi UMKM adalah riset pasar produk yang dijual. Riset pasar ini mencakup mencari tahu siapa saja kompetitor bisnis usaha, strategi atau pola apa yang mereka gunakan untuk memperdagangkan produk mereka secara digital, hingga bagaimana pasar melihat atau menilai para kompetitor.

  • Tentukan platform yang akan digunakan

Ketika sudah mengantongi semua informasi di atas, pelaku UMKM dapat menentukan platform atau media digital yang akan digunakan untuk memperkenalkan dan memasarkan produk-produk yang dimiliki kepada pasar. Platform yang dimaksud dapat berupa e-commerce atau media sosial.

  • Lakukan promosi

Setelah menentukan platform, pelaku UMKM juga perlu melakukan promosi atau pengenalan merek (brand) serta produk-produknya secara digital melalui bantuan media sosial agar jangkauan pasarnya lebih luas. Tentunya, tahap promosi ini perlu dilakukan dengan strategi pemasaran yang tepat agar tidak salah sasaran. Jadi, pelaku UMKM juga harus tahu strategi pemasaran yang akan digunakan untuk mempromosikan merek serta produk-produknya.

  • Manfaatkan tools digital tambahan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, digitalisasi UMKM juga bisa membantu kelangsungan bisnis UMKM menjadi lebih mudah karena bantuan teknologi digital. Untuk itu, pelaku UMKM juga dapat memanfaatkan tools atau perangkat digital tambahan dalam proses digitalisasi usahanya. Contohnya adalah aplikasi untuk stok produk atau aplikasi keuangan digital.

Demikianlah ulasan mengenai digitalisasi UMKM serta cara mengimplementasikannya. Agar pertumbuhan bisnis UMKM tidak terganggu, pelaku UMKM juga sebaiknya mendaftarkan diri sebagai peserta PU BPJS Ketenagakerjaan. Program jaminan sosial ini akan memberikan perlindungan dan manfaat Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM).

Artikel Terkait

Selamat Datang di
Layanan Chat TanyaBPJAMSOSTEK
Hey there! Any question?
Hello!
20m ago
Hey! Would you like to talk sales, support, or anyone?
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.
Where can I get some?
The standard chuck...
There are many variations of passages of Lorem Ipsum available
Just now, Not seen yet
  • Hats
  • T-Shirts
  • Pants
Mohon Tunggu