Karyawan Baru? Begini Cara Mudah Beradaptasi di Kantor!

Karyawan Baru? Begini Cara Mudah Beradaptasi di Kantor!

02 Feb 2023

Bagikan

Setelah melamar ke lebih dari sepuluh perusahaan, akhirnya kamu mendapatkan notifikasi dari salah satu perusahaan “Selamat, kamu diterima menjadi karyawan di perusahaan kami”. Perasaan bahagia, senang, bangga, hingga terharu pasti akan kamu rasakan ketika mendapatkan notifikasi seperti ini.

Tapi, bagaimana selanjutnya, apakah kamu merasa deg-degan memikirkan cara menghadapi hari pertama bekerja. Lalu, bertanya-tanya: Bagaimana cara berinteraksi dengan orang di kantor? Apa yang perlu disiapkan sebelum berangkat? Apakah nanti bisa beradaptasi dengan mudah?

Nah, supaya tidak mengalami kesulitan di hari pertama bekerja dan lebih mudah beradaptasi, maka kamu bisa menerapkan beberapa cara berikut:

Datang lebih awal

Sekalipun kantor barumu menerapkan jam kantor yang fleksibel, tapi kamu tetap harus datang lebih awal dari yang lainnya, ya. Walau pasti nanti kamu akan merasa kebingungan, namun lebih baik datang awal dari pada telat, kan? Kalau telat, nanti first impression orang terhadap kamu malah jadi tidak baik.

Kamu pun bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk sarapan pagi di sekitar kantor, memerhatikan setiap detail di kantor baru, menenangkan diri, menunggu HRD datang, dan lain sebagainya.

Berkenalan

Meski awalnya malu, tapi untuk bisa lebih dekat dengan karyawan yang sudah lama bekerja di kantor baru maka ajaklah mereka berkenalan. Tenang saja, mereka akan menyambutmu dengan baik kok dan tidak akan sombong padamu.

Bahkan, terkadang saking baiknya, mereka suka memberi makanan dan mengajakmu makan ke tempat yang mereka sering kunjungi. Jadi, tidak ada lagi pikiran negatif tentang karyawan lama yang sombong, ya!

Ramah

Sebagai anak baru, kamu pastinya akan menerima banyak perhatian dari seluruh karyawan. Salah satu perhatiannya bisa berupa pertanyaan: Dulu kuliah di mana? Angkatan tahun berapa? Asli daerah mana? Tinggal di mana?

Jawablah semua pertanyaan tersebut dengan ramah dan sopan, ya. Pastikan tidak kesal saat ditanya ataupun menjawab pertanyaannya karena nanti akan ada pertanyaan berulang yang ditanyakan padamu.

Di samping itu, sebisa mungkin hindari sifat sombong, nyinyir, dan lainnya supaya orang lain semakin nyaman ketika berada di dekatmu.

Banyak bertanya

Namanya anak baru pasti kamu belum paham betul dengan detail pekerjaan yang akan kamu kerjakan dan harus mulai dari mana. Untuk itu, cobalah bertanya pada atasan maupun senior yang sudah lama bekerja.

Apabila ada bagian yang kurang kamu mengerti, maka jangan sungkan untuk bertanya kembali. Lebih baik banyak bertanya daripada salah mengerjakannya, bukan?

Wah, ternyata tidak sulit kan menjadi karyawan baru? Asal kamu tidak malu, ramah, dan sopan pasti bisa beradaptasi dengan mudah. Di samping itu, ketika bekerja, kamu juga tidak perlu khawatir karena nantinya mendapat perlindungan, salah satunya BPJS Ketenagakerjaan.

BPJS Ketenagakerjaan sendiri merupakan program jaminan sosial tenaga kerja yang memberikan perlindungan kepada seluruh pekerja Indonesia, baik sektor formal maupun informal dan orang asing yang bekerja sekurang-kurangnya enam bulan.

Dengan manfaatnya berupa Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Pensiun (JP), dan Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP).

Adanya BPJS Ketenagakerjaan tentu bekerja akan semakin aman dan tenang!

Artikel Terkait

Selamat Datang di
Layanan Chat TanyaBPJAMSOSTEK
Hey there! Any question?
Hello!
20m ago
Hey! Would you like to talk sales, support, or anyone?
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.
Where can I get some?
The standard chuck...
There are many variations of passages of Lorem Ipsum available
Just now, Not seen yet
  • Hats
  • T-Shirts
  • Pants
Mohon Tunggu