Event


Hari Anti Korupsi Sedunia

Pameran Hari Anti Korupsi (Hakordia) se-Dunia merupakan wujud dari komitmen dan kampanye lembaga dalam melakukan tindakan pencegahan korupsi. Sejak tahun 2015, BPJS Ketenagakerjaan turut berpartisipasi dalam pameran tahunan yang diselenggarakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tersebut. BPJS Ketenagakerjaan menampilkan konten Good Governance, Kebijakan Manajemen Risiko, implementasi Whistleblowing System, Fraud Control System serta Pengendalian Gratifikasi sebagai materi pendukung. Tampilan booth yang inovatif, penyajian materi menarik menjadi bagian dari edukasi kepada para pengunjung yang dipadukan dengan kuis interaktif dan souvenir yang beragam sebagai bagian dari rangkaian acara booth BPJS Ketenagakerjaan.

Kegiatan Hakordia 2017 dilaksanakan di Hotel Bidakara Jakarta pada tanggal 11 - 12 Desember 2017. Pameran ini diikuti oleh 28 peserta yang terdiri dari Kementerian, Aparat Penegak Hukum, Lembaga Negara, Pemerintah Daerah, BUMN/BUMD/SWASTA, dan CSO/Lembaga Pendidikan. Adapun tema yang diusung pada pameran tersebut adalah ‘Bergerak bersama Memberantas Korupsi Untuk Mewujudkan Masyarakat Yang Sejahtera”.

Dari keseluruhan rangkaian acara, BPJS Ketenagakerjaan berhasil meraih penghargaan sebagai Booth Terbaik 2 dan pada kesempatan yang sama BPJS Ketenagakerjaan mendapatkan penghargaan dari KPK sebagai Lembaga dengan Sistem Pengendalian Gratifikasi Terbaik Tahun 2017.

Kegiatan Hakordia 2018 kembali dilaksanakan di Hotel Bidakara Jakarta tanggal 4 – 5 Desember 2018. Pameran ini diikuti oleh 49 peserta yang terdiri dari Kementerian, Aparat Penegak Hukum, Lembaga Negara, Pemerintah Daerah, BUMN/BUMD/SWASTA, dan CSO/Lembaga Pendidikan. Dalam rangkaian kegiatan Hakordia 2018 juga dilaksanakan Konferensi Nasional Pemberantasan Korupsi (KNPK) ke 13 dengan mengusung tema “Mewujudkan Sistem Integritas Partai Politik Indonesia”.

Dari keseluruhan rangkaian acara, BPJS Ketenagakerjaan berhasil meraih penghargaan sebagai Booth Favorit 1 dan pada kesempatan yang sama BPJS Ketenagakerjaan kembali mendapatkan penghargaan dari KPK sebagai Lembaga dengan Sistem Pengendalian Gratifikasi Terbaik Tahun 2018.

Bimbingan Teknis Anti Korupsi

Unit Pengendalian Gratifikasi bersama Komite Good Governance telah mengadakan Bimbingan Teknis Anti Korupsi sejak tahun 2016, dan berhasil membentuk 468 Tunas.

Integritas yang tersebar di seluruh unit kerja BPJS Ketenagakerjaan. Yang memiliki tugas:

  • Memberikan informasi atau sosialisasi terkait infrastruktur Good Governance & penguatan sistem integritas melalui Pengendalian Gratifikasi, Pengendalian Fraud, Pelayanan Pengaduan, Whistleblowing System, Pelaporan Benturan Kepentingan, Pelaporan LHKPN, Kode Etik & Budaya Kerja serta proses pemberian bantuan hukum di lingkungan BPJS Ketenagakerjaan.
  • Mengkoordinir implementasi pelaporan gratifikasi, fraud & benturan kepentingan melalui aplikasi SiPatuH atau dengan Unit Pengendalian Gratifikasi di unit kerjanya;

Dalam penyelenggaraan Bimbingan Teknis Anti Korupsi, BPJS Ketenagakerjaan bekerjasama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI), beberapa konsultan hukum seperti SSEK & HMM, serta Tantowi Yahya Public Speaking School.

Kegiatan Bimbingan Teknis Anti Korupsi Tahun 2016 s.d 2019