BPJS Ketenagakerjaan dan SMK Lemuria Kudus Berkomitmen Beri Perlindungan Bagi Siswa Magang

BPJS Ketenagakerjaan dan SMK Lemuria Kudus Berkomitmen Beri Perlindungan Bagi Siswa Magang

3 bulan lalu

Bagikan

Abdul Rokhim

  

TANDA TANGAN: Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK Cabang Kudus melakukan penandatanganan kontrak kerjasama (PKS) dengan SMK Lemuria baru-baru ini. (BPJS KETENAGAKERJAAN UNTUK RADAR KUDUS)



KUDUS - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK Cabang Kudus melakukan penandatanganan kontrak kerjasama (PKS) dengan SMK Lemuria.


Penandatanganan dilaksanakan di @hom Hotel pada Jumat (24/11).


Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Kudus Mulyono Adi Nugroho menyampaikan pentingnya perlindungan bagi siswa magang atau siswa yang melaksanakan praktik kerja lapangan (PKL).


"Kalau terjadi peristiwa kecelakaan kerja atau peristiwa lain, tentunya pihak sekolah tidak perlu khawatir," ujarnya.


"Kami menandatangani perjanjian kerjasama dengan SMK Lemuria untuk tahun kedua. Kami juga mengundang perwakilan dari SMK dan perguruan tinggi lain. Agar memotivasi mereka untuk memberi perlindungan kepada siswa yang sedang melaksanakan PKL," ungkapnya.


Kegiatan ini dalam rangka mendukung optimalisasi pelaksanaan permenaker, no 5 tahun 2021. Tentang tata cara penyelenggaraan program jaminan kecelakaan kerja (JKK), jaminan kematian (JKM) dan jaminan hari tua (JHT) bagi siswa atau mahasiswa magang kerja atau praktik KKN dan tenaga honorer.


Sementara itu, Kepala sekolah SMK Lemuria, Mursidah S.Pd menyampaikan kerjasama ini sudah tahun kedua dilaksanakan.


"Banyak yang menawarkan ke kami perlindungan serupa dengan iur jauh lebih terjangkau. Tetapi untuk keamanan dan kenyamanan, kami memutuskan untuk bekerja sama dengan BPJAMSOSTEK. Tentunya dengan berbagai pertimbangan," ungkapnya.


"Menurut kami, selain pelayanannya yang baik, BPJAMSOSTEK juga mudah klaimnya. Kantor cabangnya juga ada di kota Kudus. Jadi kami memilih yang pasti-pasti saja," jelasnya.


Menurutnya, tahun ini ada 41 siswa yang mengikuti PKL, biaya angsuran untuk dua program yang didaftarkan adalah jaminan kecelakaan kerja (JKK) dan jaminan kematian (JKM) hanya Rp16.800 per siswa dikalikan tiga bulan selama magang di perusahaan.


Selain mendaftarkan siswa yang magang, SMK Lemuria juga mendaftarkan 21 guru yang sudah berstatus pegawai tetap sekaligus mendapatkan lima program, yakni Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Pensiun (JP), dan jaminan kehilangan pekerjaan (JKP). (*)

Selamat Datang di
Layanan Chat TanyaBPJAMSOSTEK
Hey there! Any question?
Hello!
20m ago
Hey! Would you like to talk sales, support, or anyone?
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.
Where can I get some?
The standard chuck...
There are many variations of passages of Lorem Ipsum available
Just now, Not seen yet
  • Hats
  • T-Shirts
  • Pants
Mohon Tunggu