5 Cara Mendapatkan Modal untuk Usaha

5 Cara Mendapatkan Modal untuk Usaha

23 Okt 2023

Bagikan

Berbisnis kini jadi salah satu cara yang banyak dilakukan untuk mendapat penghasilan. Sayangnya, banyak orang yang belum berani memulai karena ketersediaan modal yang terbatas. Padahal ada berbagai cara yang bisa ditempuh untuk mendapatkan modal usaha.

Bagaimana cara mendapatkan modal usaha?

Ibarat membangun rumah, modal memainkan peran yang penting sebagai fondasi dalam kelancaran suatu usaha. Tanpa adanya modal yang cukup, bisnis tentu tidak akan berjalan. Maka dari itu, modal harus jadi salah satu hal utama yang harus dipersiapkan saat memulai usaha.

Namun, jangan buru-buru mencari modal tanpa perencanaan yang matang. Kamu juga perlu menentukan jenis usaha yang akan dijalankan, berapa banyak dana yang sesuai, serta berapa lama dana tersebut akan digunakan untuk kebutuhan operasional bisnismu.

Perencanaan ini akan mempermudah kamu saat memilih sumber modal yang tepat. Bila sudah yakin, kamu bisa mulai mencoba mendapatkan modal usaha dengan cara-cara berikut.

1. Menggunakan tabungan pribadi

Cara termudah untuk mendapatkan modal usaha adalah menggunakan tabungan pribadi. Meski demikian, cara ini membutuhkan kesabaran dan konsistensi. Apalagi jika kamu belum memiliki simpanan khusus untuk berbisnis dan harus memulai dari awal.


Pertama-tama, kamu dapat mulai membatasi pengeluaran sehari-hari dan rutin menyisihkan penghasilan untuk tabungan dana usaha. Agar lebih mudah, susun rencana alokasi bujet lalu tentukan seberapa banyak yang ingin kamu tabung. Buatlah perhitungan bujet yang tidak mengganggu kebutuhan lainnya.


Bagi kamu yang bekerja dengan penghasilan tetap, pemasukan dari bonus atau THR juga bisa dimanfaatkan untuk tambahan modal usaha, lho.

2. Melakukan crowdfunding

Bila tabungan belum mencukupi dan ingin mendapatkan tambahan modal usaha dari sumber lainnya, kamu bisa mencoba cara crowdfunding.


Dalam sistem crowdfunding, pemilik usaha membuat campaign berisi ide bisnis yang diunggah lewat media sosial atau situs web. Nantinya, orang-orang yang tertarik akan menyumbangkan dana yang dapat dijadikan modal untuk menjalankan usaha.


Walau terkesan cepat dan praktis, mendapatkan modal dari crowdfunding tidak selalu mudah. Sebab, kamu harus mampu menyampaikan ide bisnis yang tak hanya lengkap dan jelas tapi juga unik dan menarik. Jadi, persiapkan campaign-mu sebaik mungkin, ya!

3. Ajak teman berbisnis

Mungkin kamu kesulitan membuat bisnis sendiri, tidak ada salahnya jika kamu mau mengajak teman. Selain mendapatkan tambahan modal usaha, keberadaan teman juga bisa membantu memberikan ide-ide yang baru untuk perkembangan bisnismu.


Nah, memilih teman berbisnis pun perlu banyak pertimbangan. Jangan mengajak teman hanya karena sudah mengenalnya sejak lama. Sadari bahwa bisnis tak selalu untung dan ada kemungkinan kendala yang harus dilalui bersama secara profesional.


Ketahui apakah kompetensi teman sudah sesuai dengan yang kamu butuhkan. Selain itu, kamu dan teman harus menyatukan tujuan agar bisnis bisa mencapai target yang diinginkan.

4. Mendapatkan modal dari program pemerintah

Mengingat kontribusi UMKM yang besar terhadap pendapatan Produk Domestik Bruto (PDB) di Indonesia, pemerintah senantiasa memberi dukungan melalui program-program penyediaan modal untuk usaha kecil menengah. Tentunya, bantuan ini dapat dimanfaatkan bagi kamu yang baru merintis usaha.


Untuk mendapatkannya, kamu perlu membuat proposal dan mengajukannya ke dinas kementerian UKM terdekat. Persiapkan berbagai dokumen yang dibutuhkan saat pengajuan proposal. Pastikan kamu telah memenuhi seluruh persyaratan yang sudah ditentukan, ya.

5. Menggunakan fasilitas pinjaman

Cara lain mendapatkan modal usaha dengan cepat dan mudah adalah dengan mengajukan pinjaman. Pinjaman online banyak dipilih karena proses pengajuannya yang tergolong praktis dan tidak mengharuskan jaminan aset.


Namun, kamu perlu berhati-hati, pasalnya kini banyak pinjaman online yang belum terjamin legalitasnya. Jika ingin mengajukan pinjaman, pastikan kamu memilih pinjaman yang aman dan telah terdaftar di OJK.


Salah satunya, kamu dapat memanfaatkan fasilitas Dana Siaga dari Pinang Flexi yang ada di aplikasi JMO. Dana Siaga menyediakan pinjaman hingga Rp25.000.000 yang bisa menjadi solusi bagi kamu yang butuh modal cepat untuk usaha kecil. Hanya dengan mengajukan lewat aplikasi, kamu sudah bisa mencairkan Dana Siaga dalam hitungan menit.


Ingat, modal yang telah kamu dapatkan juga harus dikelola dengan baik agar bisnismu berjalan lancar. Pastikan kamu rutin membuat catatan pembukuan agar perencanaan keuangan usaha lebih terarah.

Artikel Terkait

Selamat Datang di
Layanan Chat TanyaBPJAMSOSTEK
Hey there! Any question?
Hello!
20m ago
Hey! Would you like to talk sales, support, or anyone?
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.
Where can I get some?
The standard chuck...
There are many variations of passages of Lorem Ipsum available
Just now, Not seen yet
  • Hats
  • T-Shirts
  • Pants
Mohon Tunggu