Mengenal Jaminan Pensiun dari BPJS Ketenagakerjaan

Mengenal Jaminan Pensiun dari BPJS Ketenagakerjaan

08 Sep 2023

Bagikan

“Produktif di Masa Muda, Sejahtera di Masa Tua”,

“Menabung di Masa Muda, Nikmati di Hari Tua”

Tagline dari BPJS Ketenagakerjaan yang mungkin saja cocok untuk kawula muda. Pasalnya, kita tidak pernah ada yang tahu kapan musibah dan hal-hal yang tidak diinginkan terjadi di kehidupan, terutama di masa yang akan datang.

Maka dari itu, selagi muda, ada baiknya menyiapkan dana dan menabung untuk kenyamanan di masa depan nanti. Jadi, ketika tubuh sudah tidak memungkinkan lagi untuk bekerja, tapi, tetap memiliki kemampuan keuangan yang mencukupi di hari tua.

Lantas, bagaimanakah caranya? Salah satunya mendaftar Jaminan Pensiun BPJS Ketenagakerjaan.

Pengertian Jaminan Pensiun

Seperti namanya, Jaminan Pensiun (JP) merupakan salah satu perlindungan dari BPJS Ketenagakerjaan, yang diberikan pada peserta untuk mempertahankan kehidupan yang layak ketika peserta kehilangan atau berkurang penghasilannya karena telah memasuki usia pensiun.

Adanya Jaminan Pensiun, peserta tidak perlu lagi pusing memikirkan keuangan di masa depan karena mendapatkan manfaat berupa uang tunai bulanan yang diberikan sejak peserta memasuki usia pensiun sampai dirinya meninggal dunia.

Namun, pemberian manfaat ini baru dapat direalisasikan apabila peserta sudah memenuhi usia masa iuran minimum 15 tahun.

Syarat & cara mendaftar Jaminan Pensiun

Syarat menjadi peserta Jaminan Pensiun BPJS Ketenagakerjaan adalah pekerja orang perseorangan, pekerja pada sebuah perusahaan, serta pekerja yang bekerja pada pemberi kerja, selain dari penyelenggara negara.

Sementara, untuk cara mendaftarnya sangat mudah, begini caranya:

Pendaftaran oleh pekerja

  • Pertama isi dahulu formulir pendaftaran secara lengkap,

  • Lalu, lengkapi dengan dokumen seperti fotokopi KTP, fotokopi KK, surat keputusan pengangkatan, perjanjian kerja, dan bukti lain yang menyatakan adalah pekerja.

  • Setelah semua lengkap, maka data akan diverifikasi kurang lebih tujuh hari.

Pendaftaran oleh pemberi kerja

  • Mengisi formulir pendaftaran, baik manual maupun elektronik.

  • Pendaftaran dilengkapi dengan fotokopi KTP dan KK.

  • Pendaftaran ini bisa dilakukan di kantor cabang maupun website resmi BPJS Ketenagakerjaan. Nantinya, pihak BPJS akan menerbitkan nomor kepesertaan, paling lama sehari kerja setelah dokumen lengkap dan pembayaran pertama lunas.

Selain mendaftar Jaminan Pensiun BPJS Ketenagakerjaan, kamu juga bisa mempersiapkan hari tuamu dengan cara:

Miliki income tambahan

Walau sudah bekerja menjadi pekerja tetap, kamu tetap bisa mencari penghasilan tambahan. Caranya mudah bisa menjadi freelancer, menulis blog, menawarkan jasa pembuatan website, menjadi content creator, dan lainnya.

Hindari utang

Sebaiknya hindarilah berutang karena bisa menjauhkan dalam mencapai tujuan keuangan, terkhusus di masa depan. Adanya utang dikhawatirkan malah membuat hidup menjadi tidak nyaman bahkan sulit untuk menabung. Maka dari itu, usahakan untuk tidak berutang, ya.

Siapkan dana darurat

Tidak lupa, kamu juga wajib untuk menyiapkan dana darurat yang bisa membantu menghadapi risiko di masa mendatang. Misalnya, sakit, kecelakaan, dan lain sebagainya. Selain itu, dana darurat juga dapat membuat hidup jadi lebih tenang dan nyaman.

Siapkan hari tua dengan mendaftar Jaminan Pensiun BPJS Ketenagakerjaan, jaminan sosial tenaga kerja supaya masa tua bebas dari rasa khawatir.

Artikel Terkait

Selamat Datang di
Layanan Chat TanyaBPJAMSOSTEK
Hey there! Any question?
Hello!
20m ago
Hey! Would you like to talk sales, support, or anyone?
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.
Where can I get some?
The standard chuck...
There are many variations of passages of Lorem Ipsum available
Just now, Not seen yet
  • Hats
  • T-Shirts
  • Pants
Mohon Tunggu