Tips Merawat Kapal Nelayan Agar Lebih Awet

Tips Merawat Kapal Nelayan Agar Lebih Awet

28 Agu 2023

Bagikan

Melaut adalah aktivitas utama bagi para nelayan untuk mencari nafkah. Sayangnya, ada beberapa kondisi yang membuat para nelayan akhirnya tidak bisa melaut. Misalnya saja seperti kondisi cuaca yang buruk dan kapal yang kurang layak untuk digunakan sehingga akan berbahaya jika dipaksakan melaut.

Faktor cuaca jelas tidak bisa diantisipasi dengan cara apa pun. Namun, untuk masalah kondisi kapal, sebenarnya bisa diantisipasi dengan lebih memerhatikan perawatannya agar kapal lebih awet. Berikut ini beberapa caranya:

  1. Pemeriksaan Rutin

Meskipun tidak ada tanda kerusakan, tetapi pemeriksaan rutin terhadap kondisi kapal maupun perahu harus selalu dilakukan. Terutama ketika kapal sudah lama tidak digunakan.

Pemeriksaan ini meliputi beberapa hal, yaitu memastikan:

  • Semua komponen kapal bekerja dengan baik

  • Tidak adanya kebocoran pada seluruh bagian kapal

  • Semua baut masih terpasang dengan kencang

  • Tidak ada bagian kapal yang retak, berkerut

  1. Gunakan Pelumas yang Tepat

Semua mesin pasti membutuhkan pelumas untuk dapat beroperasi dengan baik. Sama halnya dengan pelumas pada mesin maupun kendaraan lainnya, pelumas pada kapal juga berfungsi untuk mencegah terjadinya aus pada komponen mesin yang saling bergesekkan. Supaya manfaat pelumas sebagai pelindung mesin berfungsi optimal, pastikan menggunakan jenis pelumas yang sesuai dengan kebutuhan mesin.�

  1. Pengecatan Ulang

Banyak yang menganggap bahwa pengecatan ulang hanya bertujuan untuk membuat tampilan kapal menjadi lebih menarik. Sebab, cat akan semakin mengelupas ketika terkena air ombak terus menerus. Namun, ternyata cat pada body kapal juga berfungsi sebagai pelindung. Jika cat pada body kapal mulai mengelupas, maka berpotensi menyebabkan munculnya korosi akibat terkena udara dan juga air laut.

  1. Menjaga Kebersihan Kapal

Air laut dan udara laut adalah sangat berpotensi menyebabkan korosi lebih cepat. Padahal, korosi sangatlah berbahaya jika tidak ditangani dengan benar karena dapat menyebabkan pengeroposan. Untuk mencegah hal ini, membersihkan kapal secara teratur sangatlah penting.

  1. Mengganti Suku Cadang Secara Berkala

Setiap suku cadang pasti memiliki usia pakai. Ada baiknya jika memerhatikan usia pakai suku cadang pada kapal dan lebih memerhatikan kondisinya menjelang usia pakai tersebut habis. Sebab, perjalanan laut saat berlayar mencari ikan akan membutuhkan waktu panjang. Jika terjadi masalah akibat suku cadang yang aus saat kapal digunakan, tentunya akan sangat berbahaya. Apalagi jika nelayan tidak mempersiapkan dengan membawa suku cadang cadangannya.

  1. Perawatan Sistem Navigasi

Saat berlayar, sistem navigasi dan telekomunikasi kapal menjadi andalan para nelayan untuk mendukung keselamatan berlayar. Jadi, memastikan bahwa fungsi dari kedua teknologi ini selalu berfungsi sangatlah penting. Caranya yaitu dengan melakukan pengecekan secara rutin dan segera lakukan perbaikan jika menemukan adanya masalah.

Berlayar adalah aktivitas yang penuh dengan risiko. Apalagi, mengingat kondisi cuaca yang sering tidak menentu. Melindungi diri dengan memastikan kapal yang digunakan dalam kondisi prima serta selalu menggunakan jaket pelindung sangatlah penting.

Selain itu, para nelayan juga disarankan untuk melakukan pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan BPU (Bukan Penerima Upah). Dengan adanya perlindungan ini, maka para nelayan bisa mendapatkan jaminan sosial untuk berbagai risiko, termasuk kematian melalui program JKM (Jaminan Kematian) dari BPJS Ketenagakerjaan.

Kapal saja dirawat dan dilindungi dengan baik supaya awet, jadi tentunya nelayan juga harus melindungi dirinya dengan baik, kan?

Artikel Terkait

Selamat Datang di
Layanan Chat TanyaBPJAMSOSTEK
Hey there! Any question?
Hello!
20m ago
Hey! Would you like to talk sales, support, or anyone?
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.
Where can I get some?
The standard chuck...
There are many variations of passages of Lorem Ipsum available
Just now, Not seen yet
  • Hats
  • T-Shirts
  • Pants
Mohon Tunggu