Kebiasaan Ini Ternyata Bikin Boros, Loh!

Kebiasaan Ini Ternyata Bikin Boros, Loh!

24 Mei 2023

Bagikan

Apakah kamu yakin sudah menjalani hidup hemat dengan meninggalkan kebiasaan-kebiasaan yang membuatmu jadi tambah boros? Walau kamu merasa sudah berhemat, akan tetapi tanpa disadari, beberapa kebiasaan sederhana yang sering kamu lakukan nyatanya bisa membuatmu semakin boros, loh.

Apa saja kebiasaannya?

Suka beli barang display

Pada saat berbelanja di supermarket dan tempat lainnya, kamu pasti sering melihat barang display yang dipajang oleh penjual. Gimana, apakah kamu langsung tergiur untuk membelinya? Atau, malah selalu dibeli karena “mumpung” lagi diskon?

Hmm, tinggalkan kebiasaan membeli barang display tersebut meski harganya sedang diskon, ya. Lantaran, melakukan ini malah membuat kamu boros apalagi sebelumnya tidak menyiapkan dana untuk membelinya. Jadinya, kamu memakai uang untuk kebutuhan lain.


Hangout setiap hari

Hangout bareng teman memang seru. Kamu bisa mengobrol, menghabiskan banyak waktu, dan berbelanja bersama. Bahkan, kamu juga bisa merencanakan perjalanan liburan mengunjungi tempat-tempat terkenal di dunia..

Meskipun begitu, jangan sampai aktivitas ini dilakukan secara berlebihan tanpa mengenal waktu, ya. Hal ini karena terlalu sering hangout malah membuatmu semakin boros. Jadi, cobalah atur jadwal hangout-mu semisal sekali seminggu dan hindari hangout tiap hari.


Keseringan isi saldo e-wallet

Berapa kali kamu mengisi saldo e-wallet dalam satu bulan? Lebih dari 10x? Diperbolehkan memang, terlebih biaya transfernya tidak terlalu mahal, biasanya hanya Rp 1.000 – Rp. 1.500. Walau murah, tapi, terlalu sering mengisinya malah bisa membuatmu “boncos”, loh.

Alih-alih menikmati diskon yang diberikan, pengeluaranmu malah bertambah bahkan bisa sampai dua kali lipat. Jadi, jangan terlalu sering mengisinya, ya!


Telat bayar cicilan

Mengambil cicilan ketika membeli barang elektronik, kendaraan, rumah, dan lainnya, memang semakin memudahkan pembelinya. Di mana, pembeli tidak perlu membayar tunai barang maupun rumah yang akan dibeli tapi bisa mencicilnya setiap bulan.

Nah, kalau semisal kamu punya cicilan yang harus dibayar, maka jangan sampai telat untuk membayarnya, ya. Sebab, telat bayar cicilan, maka kamu akan dikenai denda yang jumlahnya terbilang cukup besar. Bahkan, ada yang sampai 5%.


Untuk menghindari supaya kamu tidak semakin boros, maka cobalah melakukan beberapa hal berikut:

-Tepat waktu membayar cicilan setiap bulan;

-Tetapkan budget untuk pengisian saldo e-wallet;

-Jangan keseringan transfer uang antar bank;

-Tidak tergiur dengan barang display.


Yang terpenting adalah kamu tetap harus bijak dalam mengatur keuangan. Hindari membeli barang-barang yang sekiranya tidak dibutuhkan supaya tidak semakin boros. Serta, tidak lupa menyiapkan dana untuk masa tua nanti.

Apa yang perlu disiapkan? Salah satunya adalah Jaminan Hari Tua (JHT) dari BPJS Ketenagakerjaan. Jaminan Hari Tua merupakan program perlindungan yang diberikan pada peserta berupa uang tunai. Tujuannya adalah untuk menjamin hidup peserta setelah memasuki masa pensiun, mengalami cacat total, dan meninggal dunia.


Adanya JHT, maka peserta tidak perlu khawatir di hari tuanya karena mendapatkan perlindungan dari BPJS Ketenagakerjaan. Yuk, daftar JHT dengan melakukan pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan lewat aplikasi JMO maupun website resmi.

Artikel Terkait

Selamat Datang di
Layanan Chat TanyaBPJAMSOSTEK
Hey there! Any question?
Hello!
20m ago
Hey! Would you like to talk sales, support, or anyone?
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.
Where can I get some?
The standard chuck...
There are many variations of passages of Lorem Ipsum available
Just now, Not seen yet
  • Hats
  • T-Shirts
  • Pants
Mohon Tunggu