4 Profesi yang Rawan Kecelakaan Kerja

4 Profesi yang Rawan Kecelakaan Kerja

15 Mei 2023

Bagikan

Guna memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, maka setiap orang perlu untuk bekerja. Entah itu, bekerja di perusahaan swasta, instansi pemerintahan, ataupun membuka usaha. Namun, tahukah kamu, kalau beberapa bidang pekerjaan ternyata masuk kategori rawan kecelakaan, loh, karena itulah membutuhkan standar keselamatan yang tinggi.

Lalu, apa sajakah pekerjaannya? Yuk, simak!

Pekerja Proyek

Sesuai namanya, pekerja proyek merupakan orang yang bekerja di bidang konstruksi. Biasanya, para pekerja membuat bangunan seperti pabrik, gedung, perumahan, pusat perbelanjaan, dan lain sebagainya.

Pekerjaan di bidang ini umumnya berkaitan dengan material berbobot berat dan ukurannya besar. Misalnya, pasir, batu, baja, dan lainnya. Maka dari itu, pekerja perlu diproteksi dengan sepatu boot, sarung tangan, dan helm ketika bekerja.

Tak hanya itu, keselamatan pekerja juga wajib untuk dijaga, terutama yang bekerja membangun gedung pencakar langit´┐Ż atau jembatan di tengah lautan karena memiliki risiko kerja lebih tinggi dibanding membuat kompleks perumahan.

Pekerja Lab

Para pekerja yang bekerja di laboratorium, melakukan penelitian, dan mengembangkan produk seperti obat-obatan, bahan, dan makanan pun tidak lepas dari potensi bahaya. Di mana, potensi bahayanya dapat mengakibatkan terjadinya cedera bahkan bisa berujung pada kematian.

Itulah mengapa pekerja diwajibkan untuk mengikuti standar operasional dan keselamatan kerja. Tujuannya, supaya pekerja tidak mengalami kejadian yang tidak diinginkan selama bekerja.

Caranya? Gunakan APD (Alat Pelindung Diri) lengkap, ikuti pelatihan kerja, miliki surat izin kerja, serta ketahui yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat bekerja.

Pekerja Kelistrikan

Pekerja di bidang kelistrikan juga harus mendapatkan perhatian lebih mengingat besarnya daya, kapasitas mesin, dan energi listrik yang mereka kelola. Pada saat bekerja pun pekerja harus taat pada prosedur dan tidak melupakan alat pelindung diri.

Hal ini karena banyak dari pekerja yang tersengat aliran listrik ketika bekerja dan beberapa di antaranya ada yang langsung meninggal dunia. Ini terjadi akibat pekerja tidak memakai alat pelindung sehingga berisiko mengalami kecelakaan kerja.

Sebagai langkah pencegahan, maka pekerja dianjurkan untuk selalu memakai alat pelindung diri dan taat dengan prosedur.

Pekerja Batubara

Dilansir dari laman Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Balai Diklat Tambang Bawah Tanah), bekerja di bagian tambang bawah tanah atau biasa dikenal dengan pekerja batubara termasuk salah satu pekerjaan yang berbahaya.

Adapun beberapa penyebabnya:

-Ruang kerja terbatas

-Minim cahaya matahari

-Batuan rapuh

-Gas berbahaya

Untuk itu, pekerja wajib dibekali dengan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap. Mulai dari; safety shoes, sarung tangan, helm, jaket, dan lain-lain.

Selain itu, pekerja juga wajib diberikan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dari BPJS Ketenagakerjaan. JKK merupakan program perlindungan yang diberikan pada pekerja berupa uang tunai dan juga pertanggungan pengobatan ketika pekerja mengalami kecelakaan saat bekerja atau penyakit yang diakibatkan oleh lingkungan kerja.

Program ini bertujuan untuk memberikan jaminan pelayanan dan santunan kepada pekerja yang mungkin mengalami kecelakaan ketika menuju, menunaikan, dan selesai menunaikan pekerjaannya, serta berbagai penyakit yang ada hubungannya dengan pekerjaan.

Yuk, daftarkan pekerja atau penerima upah BPJS Ketenagakerjaan di website resmi ataupun mendatangi kantor cabang terdekat.!

Artikel Terkait

Selamat Datang di
Layanan Chat TanyaBPJAMSOSTEK
Hey there! Any question?
Hello!
20m ago
Hey! Would you like to talk sales, support, or anyone?
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.
Where can I get some?
The standard chuck...
There are many variations of passages of Lorem Ipsum available
Just now, Not seen yet
  • Hats
  • T-Shirts
  • Pants
Mohon Tunggu