Mudik, Tetap Ingat Rem Pengeluaran dengan Tips Ini

Mudik, Tetap Ingat Rem Pengeluaran dengan Tips Ini

17 Apr 2023

Bagikan

Wah, gak terasa sebentar lagi lebaran tiba. Kamu yang memiliki kampung halaman pastinya sudah mulai mempersiapkan rencana mudik di lebaran tahun ini, kan? Memang, mudik menjadi tradisi yang tidak bisa ditinggalkan oleh masyarakat Indonesia setiap momen lebaran. Namun, sering kali setelah mudik selesai banyak yang kemudian mengalami masalah keuangan akibat tidak mampu mengerem pengeluaran selama mudik.

Nah, supaya kamu jangan sampai mengalaminya, yuk ikuti tips berikut agar mudik tetap menyenangkan tetapi keuangan tetap terjaga:

  • Bawa makan dalam perjalanan

Membawa makanan saat di perjalanan bisa membantumu berhemat dari segi waktu dan biaya. Apalagi rumah makan biasanya akan penuh oleh pemudik lain dan bahkan ada juga yang sengaja menaikkan harga dengan alasan “tarif lebaran”. Dengan membawa makan sendiri kamu bisa lebih fleksibel mencari tempat untuk makan, seperti halaman masjid, pom bensin, atau tempat pemberhentian lainnya.

  • Pergi mudik bersama-sama

Jika kamu pergi mudik dengan kendaraan pribadi dan mobilmu masih cukup, sementara ada keluargamu yang akan mudik ke lokasi sama tetapi tidak memiliki kendaraan, kamu bisa mengajaknya pergi bersama. Cobalah diskusikan waktu mudik yang pas untukmu dan saudaramu tersebut. Selain membuat perjalananmu lebih menyenangkan, pergi mudik bersama juga bisa membantumu mengurangi pengeluaran dengan sharing cost.

  • Buat perencanaan keuangan

Untuk kamu yang bekerja dan mendapatkan THR, maka hanya gunakan THR untuk keperluan lebaranmu dan jangan menggunakan gaji bulananmu. Ada baiknya juga kamu sudah membuat perencanaan keuangan dari pengeluaran pasti seperti bensin dan tol untuk pemudik dengan kendaraan pribadi, tiket transportasi umum, dan hotel. Kemudian buat batasan maksimal pengeluaran yang bersifat fleksibel, seperti pengeluaran untuk wisata atau kuliner selama lebaran.

  • Bikin daftar oleh-oleh

Oleh-oleh menjadi salah satu pengeluaran terbesar saat kamu bepergian, termasuk saat mudik. Untuk mengatasinya kamu bisa membuat daftar siapa saja yang akan kamu belikan oleh-oleh. Selanjutnya pilihlah oleh-oleh yang cukup pantas tetapi dengan harga sewajarnya. Misalnya untuk banyak orang dalam satu lokasi, seperti di kantor, kamu bisa membeli makanan dalam kemasan besar untuk dikonsumsi bersama-sama.�

  • Bawa uang tunai secukupnya

Sistem pembayaran beberapa daerah mungkin masih agak tertinggal dibanding perkotaan. Ada beberapa daerah yang belum umum menggunakan sistem cashless dan hanya menerima uang tunai. Dengan membawa uang tunai dalam jumlah secukupnya akan membantumu membatasi keinginan berbelanja.

  • Tahan diri dan disiplin

Nah, ini adalah kunci dari semua poin di atas. Selama kamu bisa menahan diri dari keinginan berbelanja berlebihan selama mudik, maka keuanganmu akan tetap aman. Namun, jika kamu gagal melakukannya sebanyak apapun tips yang kamu dapatkan pasti akan percuma.

Semoga dengan mengikuti beberapa poin di atas, kamu tidak akan dibuat pusing dengan kondisi keuangan yang berantakkan selepas mudik. Selain itu, kamu juga sebaiknya menghindari utang untuk keperluan mudik, karena akan membuatmu pusing membayar setelah lebaran usai. Selamat mudik, semoga perjalananmu lancar dan selamat sampai tujuan!

Artikel Terkait

Selamat Datang di
Layanan Chat TanyaBPJAMSOSTEK
Hey there! Any question?
Hello!
20m ago
Hey! Would you like to talk sales, support, or anyone?
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.
Where can I get some?
The standard chuck...
There are many variations of passages of Lorem Ipsum available
Just now, Not seen yet
  • Hats
  • T-Shirts
  • Pants
Mohon Tunggu