Assessment Good Governance


Assessment Good Governance

BPJS Ketenagakerjaan melakukan evaluasi terhadap penerapan Good Governance dalam bentuk Assessment Good Governance untuk mengetahui kesesuaian Pedoman Good Governance dengan kebutuhan BPJS Ketenagakerjaan serta mengetahui efektivitas dari program penerapan yang dilakukan.

Assessment Good Governance di BPJS Ketenagakerjaan dapat dilakukan oleh pihak internal yaitu Satuan Pengawas Internal maupun oleh pihak eksternal yaitu assessor independent.

BPJS Ketenagakerjaan akan melakukan pengembangan dan perbaikan secara berkesinambungan terhadap pedoman dan penerapan Good Governance dengan mengacu pada hasil evaluasi yang telah dilakukan serta peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Internal Governance Award

Internal Governance Award adalah penghargaan atas internalisasi penerapan Tata Kelola Yang Baik (Good Governance) pada unit kerja dengan berlandaskan pada prinsip-prinsip: Transparency, Accountability, Responsibility, Independency, Fairness, Predictability, Participation dan Dynamism (TARIFPPD) – sesuai PERDIR/18/092015 tentang Pedoman Tata Kelola Yang Baik (Good Governance) BPJS Ketenagakerjaan.

Internal Governance Award juga merupakan salah satu bentuk asesmen/penilaian atas penerapan tata kelola yang baik di unit kerja. Penentuan parameter dilakukan dengan berpedoman kepada 9 spesifik area pada ISSA Guidelines yang disesuaikan dengan proses bisnis di unit kerja, yang antara lain:

A. Programme Administration
  1. Strategic Planning
  2. Operational Risk Management
  3. Internal Audit Of Operations
B. Financial Sustainability
  1. Actuarial Soundness
C. Sound Investments
  1. Enforcing the prudent person
D. Member Coverage, Contribution, Member Benefits, and Services
  1. Prevention and control of corruption and fraud in contributions and benefits
  2. Service standards for member and beneficiaries
E. Resouce Management
  1. Human resouces policies, development, retention and succession
  2. Investments in ICT infrastructure