Direksi BPJSTK Terjun Langsung Layani Peserta

Jakarta, 4 Mei 2016, Memperingati Hari Buruh yang jatuh setiap tanggal 1 Mei, Direksi BPJS Ketenagakerjaan (BPJSTK) meninjau langsung kondisi pelayanan di beberapa Kantor Cabang berbeda. Hal ini sengaja dilakukan untuk memperoleh perkembangan terbaru terkait kualitas pelayanan serta evaluasi pasca lonjakan antrian yang terjadi di Seluruh Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan di Indonesia dikarenakan perubahan regulasi pada September 2015 yang lalu.

Peninjauan langsung ke Kantor Cabang ini dilakukan di 6 Kantor Cabang berbeda oleh 6 Direksi, di antaranya Kantor Cabang Surakarta, Jakarta Slipi, Jakarta Setiabudi, Jakarta Salemba, Jakarta Kebon Sirih dan Jakarta Grogol.

Direktur Pelayanan dan Kepatuhan, Evi Afiatin, merasa Kantor Cabang Slipi yang didatanginya sudah mengaplikasikan strategi-strategi pelayanan yang disarankan dan telah terbukti mengurai lonjakan antrian yang ada di Kantor Cabang tersebut.

"Semoga Bapak dan Ibu sekalian puas dengan pelayanan yang kami berikan", sapa Evi kepada para peserta yang mengajukan klaim.

Pada kesempatan tersebut, Evi menyempatkan diri untuk melayani langsung salah satu peserta, mulai dari menerima berkas sampai melakukan verifikasi syarat-syarat pengajuan klaim, menggantikan sementara Customer Service Officer (CSO) yang bertugas saat itu.

Permintaan klaim dana Jaminan Hari Tua (JHT) yang dimiliki dilakukan oleh peserta karena berbagai alasan, salah satunya adalah kebutuhan untuk mengembangkan usaha sendiri. Salah satu peserta memberikan alasannya untuk membuka usaha ketika ditanyai oleh Direktur Pelayanan dan Kepatuhan.

"Walaupun sudah keluar dari tempat kerja dan mencairkan JHT, Ibu tetap bisa kami lindungi melalui program BPU, jangan lupa daftar ya", ucap Evi kepada salah satu peserta.

Direksi lainnya juga ikut serta melayani langsung para peserta di beberapa Kantor Cabang berbeda. Direktur Perluasan Kepesertaan dan HAL, E Ilyas Lubis, yang mengunjungi Kantor Cabang Surakarta mengakui pelayanan yang prima sudah diterapkan oleh seluruh personil kantor cabang.

Begitu pula dengan Direktur Investasi, Krishna Syarif, yang puas dengan kualitas pelayanan yang dimiliki oleh Kantor Cabang Jakarta Setiabudi. Kunjungan ketiga Direksi ini dilakukan serentak di hari yang sama, Selasa (3/5) kemarin.

Sementara Direktur Keuangan, Amran Nasution, Direktur Perencanaan Strategis dan TI, Sumarjono dan Direktur Umum & SDM, Naufal Mahfudz, melakukan kunjungannya pada Rabu (4/5).

Selain melakukan kunjungan dan evaluasi kualitas layanan, para Direksi juga melayani langsung para peserta yang mengajukan klaim di Kantor Cabang yang didatangi. Hal ini dilakukan untuk menunjukkan komitmen Direksi BPJS Ketenagakerjaan untuk meningkatkan kualitas pelayanan bagi seluruh peserta.

Harapan salah seorang peserta yang sedang melakukan pengurusan administrasi data, agar BPJS Ketenagakerjaan dapat lebih baik lagi dan lebih jemput bola ke perusahaan-perusahaan. Dia menyatakan sudah cukup puas dengan kualitas pelayanan yang dia rasakan saat ini.

 

Divisi Komunikasi

 

CP:

Moch Arfan

moch.arfan@bpjsketenagakerjaan.go.id

08176341342