Jangan Panik, Ini 4 Cara Menghadapi Kebutuhan Mendesak Tanpa Dana Darurat

Jangan Panik, Ini 4 Cara Menghadapi Kebutuhan Mendesak Tanpa Dana Darurat

26 Sep 2023

Bagikan

Idealnya, setiap orang harus memiliki dana darurat. Terutama di tengah kondisi yang serba tak pasti, dana darurat dapat memberikan rasa aman dan menjadi penyelamat ketika dihadapi dengan situasi genting. Namun, bagaimana bila kebutuhan mendesak datang ketika dana darurat belum mencukupi?

Mengatasi kebutuhan mendesak tanpa dana darurat

Banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi sering kali membuat orang-orang sulit menyisakan cadangan tabungan. Ada kalanya kebutuhan juga datang tanpa diprediksi ketika dana darurat habis.


Meski demikian, hal ini bukanlah tanpa solusi. Bila kamu sedang berada di situasi serupa, berikut berbagai cara yang bisa kamu lakukan.

1. Kurangi pengeluaran dan utamakan kebutuhan dasar

Saat menghadapi kebutuhan mendesak tanpa adanya dana darurat, langkah pertama yang dapat dilakukan adalah berhemat. Fokuskan pengeluaranmu untuk hal-hal penting seperti makan dan kebutuhan tempat tinggal.


Kamu bisa membatasi pengeluaranmu dengan melakukan perubahan pada kebiasaan sehari-hari. Misalnya, bila kamu terbiasa membeli makan di luar, mulailah membawa bekal yang kamu siapkan sendiri. Dengan begitu, kamu jadi lebih mudah menyisakan dana cadangan.

2. Menggunakan dana keperluan lain


Periksa kembali pos-pos pengeluaranmu, mungkin ada dana yang bisa kamu alihkan seperti tabungan untuk hiburan atau jalan-jalan.


Dibanding menggunakannya untuk hal-hal yang bersifat non-prioritas, lebih baik utamakan dulu untuk mengatasi kebutuhan mendesak. Lagi-lagi, pastikan dana ini tidak mengganggu dana kebutuhan sehari-hari, ya.

3. Cari penghasilan tambahan

Selain menyiasati pengeluaran, carilah sumber penghasilan yang bisa membantu kamu melewati kondisi darurat. Coba ambil pekerjaan freelance yang sesuai minat dengan waktu dan sistem kerja yang lebih fleksibel.


Menjual barang-barang yang sudah tidak terpakai juga dapat menjadi solusi. Ingat, pilihlah barang yang masih memiliki kondisi baik dan layak pakai.�

4. Manfaatkan fasilitas pinjaman

Bila butuh dana cepat, langkah termudah adalah menggunakan fasilitas pinjaman. Pilih pinjaman yang terjamin dengan risiko minim. Salah satunya, kamu bisa memanfaatkan fasilitas Dana Siaga dari Pinang Flexi yang dapat diakses melalui aplikasi JMO.


Dengan Dana Siaga, kamu bisa mendapatkan pinjaman dana dengan plafon hingga Rp25.000.000. Cukup ajukan pinjamanmu lewat aplikasi, dana akan cair dalam hitungan menit.


Apalagi, kamu juga berkesempatan dapat hadiah tabungan Bank Raya hingga Rp1.000.000 jika kamu mengajukan sebelum tanggal 28 Oktober 2023. Kamu bisa cek syarat dan ketentuannya di sini


Untuk menggunakan Dana Siaga, kamu harus memiliki rekening payroll Bank BRI atau Bank Raya. Yuk, ajukan Dana Siaga di aplikasi JMO kamu.

Artikel Terkait

Selamat Datang di
Layanan Chat TanyaBPJAMSOSTEK
Hey there! Any question?
Hello!
20m ago
Hey! Would you like to talk sales, support, or anyone?
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.
Where can I get some?
The standard chuck...
There are many variations of passages of Lorem Ipsum available
Just now, Not seen yet
  • Hats
  • T-Shirts
  • Pants
Mohon Tunggu