Batang Anggarkan Dana BPJS Ketenagakerjaan Bagi Perangkat Desa


Posted : 23-02-2016 12:04:27

Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, telah mengalokasikan dana bantuan BPJS ketenagakerjaan pada 2.500 perangkat desa di 239 desa setempat.

Ketua Persatuan Perangkat Desa Republik Indonesia Kabupaten Batang, Karnoto mengatakan besaran alokasi dana bantuan BJPS ketenagakerjaan dari pemkab sebanyak 70% sedang 30% ditanggung oleh masing-masing perangkat desa.

"Alokasi dana bantuan yang diambilkan dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah mulai diserahkan pada Januari 2016. Adapun 30% biaya kepesertaan BPJS akan diambil dari penghasilan tetap masing-masing perangkat desa," katanya, Senin (21/2/2016).

Menurut dia, sebenarnya perangkat desa telah ikut sebagai peserta BPJS ketenagakerjaan secara mandiri mulai per Oktober 2015.

"Akan tetapi, atas kepedulian Bupati Batang mulai Januari 2015 sebanyak 2.500 perangkat desa dapat bantuan dari pemkab. Keikutsertaan BPJS ketenagakerjaan perangkat desa merupakan program pemerintah daerah yang pertama di Indonesia," katanya.

Bupati Batang Yoyok Riyo Sudibyo mengatakan saat ini masih banyak orang yang tidak sadar jika nantinya akan meninggal terutama bagi mereka yang lagi diberi sesuatu lebih sehingga tidak memikirkan terhadap yang berada dilingkungannya.

"Kami tidak bisa membantu secara lebih dan semoga bantuan apa pun bentuknya dapat bermanfaat bagi perangkat desa," katanya.