2014, BPJS Ketenagakerjaan Salurkan Santunan Rp 230,844 Miliar


Posted : 09-03-2015 09:45:20

Selama tahun 2014 lalu, Badan Penyelenggaran Kesejahteraan Sosial (BPJS) Cabang Bandung 1, telah menyalurkan santunan sebesar Rp 230.844.023.360.

Angka tersebut disalurkan untuk tiga program yakni Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan kerja (JKK), dan Jaminan kematyian (JKm).

"Sesuai dengan peraturan, maka kita menyalurkan santunan untuk tiga program tersebut. Tahun 2014 lalu, jumlah santunan yang disalurkan mencapai sebesar Rp 230.844.023.360," ujar Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Bandung I, Darmadi kepada wartawan, Selasa (3/3/2015).

Menurutnya, santunan tersebut sudah seluruhnya diberikan kepada pihak yang berhak mendapatkannya. Tahun lalu, jumlah kasus yang ditangani oleh BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bandung 1 sebanyak 21.556 kasus.

"Kasus yang fitangani pada tahun lalu cukup banyak. Yakni mencapai 21.556 kasus," ungkapnya.

Dijelaskan Darmadi, pihaknya terus melakukan sosialisais kepada para pengusaha mengenai BPJS Ketenagakerjaan ini. Apalagi sesuai dengan peraturan pemerintah, seluruh tenaga kerja wajib menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Sosialisasi terus dilakukan untuk meningkatkan jumlah kepesertaan baik perusahan maupun tenaga kerja.

"Untuk itu, maka kta serius melakukan sosialisais baik kepada masyarakat maupun kepada pengusaha dan tenaga kerja untuk menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan. Karena banyak manfaat dari tiga program BPJS Ketenagakerjaan yang akan dirasakan oleh tenaga kerja," katanya.

Hingga saat ini, jumlah perusahaan yang telah mendaftarkan diri sebagai epserta BPJS Ketenagakerjaa di Cabang bandung 1 sebanyak 2.694 hingga tahun 2014 lalu.

"Dari jumlah perusahaan tersebut, tenaga kerja yang sudah menjadi peserta mencapai sebanyak 283.784 orang," terangnya.

Untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat, maka BPJS Ketenagakerjaan memanfaatkan agenda publik sebagai ajang sosialisasi. Salah satuny adalah acara car free day (CFD) di Jln. Ir. H. Djuanada setiap hari Minggu.

"Momen ini sangat tepat untuk kita jadikan sebagai ajang sosialisasi. Karena banyak warga yang hadir dan mengikuti CFD di Dago tersebut," tambahnya.

Sosialisasi tersebut, lanjutnya, merupakan salah satu tugas dan tanggung jawab dari BPJS Ketenagakerjaan. Diakuinya, tugas tersebut tidak ringan untuk mengedukasi dan menyosialisasikan program-program jaminan sosial bagi tenaga kerja kepada masyarakat.

"Dalam sosialisais yang kita lakukan, kita memberikan eduksi mengenai manfaat menjadi peserta BPJS Naker kepada masyarakat," tegasnya.