BPJS Ketenagakerjaan Pastikan Jamin Tunjangan Karyawan PHK


Posted : 12-10-2015 08:02:56

BPJS Ketenagakerjaan mengimbau kepada peserta BPJS yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) untuk tidak merasa resah dengan dana jaminan hari tua (JHT) mereka, karena BPJS menjamin seluruh proses pencairannya.

"Walaupun peserta sudah dinyatakan tidak bekerja lagi dalam suatu perusahaan, hak-haknya tetap akan dibayarkan sesuai prosedur ketenagakerjaan," kata Kepala BPJS Ketenagakerjaan Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Heri Subroto di Pangkalpinang, Minggu (11/10).

Ia menambahkan, BPJS Ketenagakerjaan menjamin seluruh dana JHT seluruh peserta dapat dicairkan sesuai ketentuan yang berlaku.

Hal itu merujuk PP Nomor 46 Tahun 2015 mengenai Jaminan Hari Tua dan revisinya, yakni PP No.60/2015.

"Syarat yang dipenuhi bagi peserta dalam proses pencairan dana JHT cukup membawa KTP, kartu keluarga (KK), serta surat keterangan pemberhentian bekerja dari perusahaan yang bersangkutan," ujar dia.

Ia mengatakan, proses pencairan JHT tidak memiliki batasan waktu sehingga kapan pun peserta yang di PHK dapat mendapatkan haknya kapan saja mereka inginkan.

Heri menjelaskan, JHT merupakan sistem tabungan hari tua yang besarnya merupakan akumulasi iuran ditambah hasil pengembangannya.

JHT dapat dicairkan saat pekerja mencapai usia 56 tahun atau meninggal dunia atau cacat total dan pada saat ada pemutusan kerja dari pihak perusahaan.