Program Jaminan Pensiun Karyawan Swasta Berlaku Mulai 1 Juli 2015


Posted : 09-02-2015 10:34:10

Sesuai UU No 24 Tahun 2011 tentang BPJS Ketenagakerjaan, mulai 1 Juli tahun 2015 Program Jaminan Pensiun bagi karyawan perusahaan swasta dan berlaku di Medan. Dalam memperkenalkan program tersebut, BPJS Ketenagakerjaan Medan melakukan sosialisi secara serentak kepada masyarakat, khususnya para pedagang kaki lima (PKL) di Medan, Belawan, Binjai dan lainnya, Minggu (1/2).

Sosialisasi itu disebut dengan “Tanya Saya” yang artinya menjelaskan kepada masyarakat kalau BPJS Ketenagakerjaan itu merupakan transformasi PT Jamsostek. Karena saat ini banyak masyarakat belum kenal BPJS. Sebab BPJS ada dua bidang yaitu BPJS bidang Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan.

“Selain itu, kita juga memperkenalkan sejumlah program BPJS Ketenagakerjaan, antara lain Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, dan mulai 1 Juli 2015 kita akan melaksanakan program pensiun,” kata Kepala BPJS Ketenagakerjaan Medan Satria Dharma melalui Nurmansyah selaku Kabid Pemasaran Penerima Upah BPJS Ketenagakerjaan Medan yang didampingi Budi Pramono selaku Kabid Pemasaran Bukan Penerima Upah BPJS Ketenagakerjaan Medan di sela-sela sosialisasi “Tanya Saya” di Jalan Sudirman Medan.

Dia mengatakan, sosialisasi itu berlangsung satu hari, mulai pukul 06.00 WIB hingga siang harinya.   "BPJS Ketenagakerjaan memang hingga saat ini masih menanti penerapan UU No. 24 itu untuk bisa dilaksanakan. Sesuai amanat UU, program Jaminan Pensiun bagi perusahaan swasta akan berlaku mulai 1 Juli tahun 2015, sementara untuk pegawai negeri sipil akan berlaku pada 2029,” paparnya.

Dia menambahkan kebijakan program jaminan pensiun tidak akan tumpang tindih bagi perusahaan yang sudah memberlakukan jaminan serupa. Lagipula, bentuk jaminan yang diberlakukan BPJS Ketenagakerjaan hanya bersifat perlindungan dasar. “Toh kita lebih bersifat dasar kalau yang sudah dikelola, ya silahkan. Ini bertahap,” tambahnya.

Menurutnya, dalam tahapan tersebut perusahaan nantinya diwajibkan memberikan jaminan pensiun bagi para tenaga kerjanya. BPJS Ketenagakerjaan juga menargetkan pertumbuhan kepesertaan sebanyak-banyaknya di Sumut, khususnya Kota Medan. “Minat kepesertaan diyakini semakin tinggi karena terhitung Juli 2015, BPJS mengcover dana pensiun,” katanya mengakhiri.