BPJAMSOSTEK Gelar Webinar Sinergitas Penyelenggaraan Jamsostek di Era Pandemi Covid-19


Posted : 26-09-2020 05:39:53



Bonebol, InfoPublik – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJAMSOSTEK) Cabang Gorontalo menggelar web seminar (Webinar) dalam rangka meningkatkan sinergitas penyelenggaraan program jaminan sosial ketenagakerjaan (Jamsostek) di era pandemi Covid-19 di Provinsi Gorontalo.


Webinar tersebut,  dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim, Rabu (23/9/2020).


Turut memberikan sambutan pada kegiatan webinar tersebut, Deputi Direktur Wilayah Sulawesi Maluku Toto Suharto.


Sementara narasumber Kepala Dinas Penanaman Modal ESDM dan Transmigrasi Provinsi Gorontalo yang diwakili oleh Kepala Bidang Transmigrasi dan Tenaga Kerja Amir Hadju, Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Gorontalo Hendra Elvian, dan Ketua DPW FSPMI Provinsi Gorontalo Mesyke Abdullah.


Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim dalam kegiatan webinar ini menekankan akan pentingnya program Jamsostek bagi seluruh pekerja, khususnya di Provinsi Gorontalo. Apalagi di tengah pandemi Covid-19.


Olehnya itu, Wagub mendorong seluruh pihak yang terkait dengan sektor ketenagakerjaan untuk memperluas perlindungan Jamsostek bagi tenaga kerja di masa pandemi Covid-19.


Menurut dia, pandemi Covid-19 telah memberi dampak pada seluruh sektor kehidupan, termasuk di dalamnya sektor ketenagakerjaan.


“Banyak pekerja yang terdampak pemutusan hubungan kerja. Ada yang dirumahkan, bahkan ancaman hilangnya perlindungan Jamsostek akibat menurunnya iklim investasi dan tingkat produksi,” kata Wagub Idris Rahim.


Sementara itu, Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Gorontalo Hendra Elvian mengatakan pelaksanaan kegiatan webinar ini diharapkan sebagai bentuk perhatian BPJS Ketenagakerjaan maupun BPJAMSOSTEK Gorontalo dalam meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat pada program perlindungan jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan.


“Kegiatan webinar ini merupakan salah satu bentuk usaha kami dalam rangka meningkatkan pemahaman masyarakat khusus di Provinsi Gorontalo akan pentingnya perlindungan program BPJS Ketenagakerjaan,”katanya.


Pada kesempatan yang sama, Hendra Elvian menyampaikan bahwa saat ini BPJAMSOSTEK sedang proses dalam merealisasikan relaksasi iuran program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) yang memiliki jumlah relaksasi sebesar 99%.


“Saat ini sesuai dengan PP Nomor 49 Tahun 2020 tentang penyesuaian iuran program Jamsostek selama bencana non alam penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) bahwa keringanan iuran program JKK dan JKM sebesar 99%. Jadi peserta hanya membayar 1% iuran untuk JKK dan JKM,”jelas Hendra.


Sementara itu, berdasarkan pantauan dalam kegiatan webinar ini, pihak BPJAMSOSTEK Cabang Gorontalo memaparkan beberapa hal maupun materi yang menjadi pertanyaan bagi seluruh pekerja melalui presentasi Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Gorontalo Hendra Elvian.


Adapun materi-materi yang disampaikan antara lain, kenaikan manfaat JKK dan JKM, progres Bantuan Subsidi Upah (BSU), dan relaksasi iuran program JKK JKM.


Disesi akhir webinar, pihak panitia penyelenggara membagi-bagikan voucher belanja, dan voucher pulsa kepada peserta yang terpilih, juga melakukan pengundian hadiah utama berupa satu unit handphone merk xiaomi redmi 9A yang diraih Abd. Kadir Pakaya perwakilan dari Kantor Nur Annisa Lestari. (MC Bone Bolango/Kadir/toeb)