Terus Jamin Tenaga Kerja di Sangihe, Pemkab Kembali Serahkan 556 Kartu BPJAMSOSTEK


Posted : 17-09-2020 14:39:37



Bupati Jabes Gaghana (kiri) menyerahkan secara simbolis kartu peserta BPJAMSOSTEK


Sangihe, BeritaManado.com — Tak putus-putusnya perhatian yang ditunjukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe kepada masyarakat.

Setelah lalu sempat mengansurasikan ribuan Tenaga Harian Lepas (THL) lewat penyerahan Kartu Kepesertaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenegakerjaan, atau yang lebih dikenal BPJAMSOSTEK, kali ini Pemkab Sangihe kembali menyerahkan  kartu kepesertaan yang berfungsi sebagai perlindungan bagi tenaga kerja untuk mengatasi risiko sosial ekonomi tertentu akibat hubungan kerja.

Selasa, (15/9/2020).


Bertempat di gedung Papanuhung Tanpungang Lawo, Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana SE ME didampingi Sekretaris Daerah Melanchton H.Wolff ST ME dan Kepala Dinas Tenaga Kerja Daerah (Kadisnakerda) Sangihe, Drs Dokta Pangandaheng ME menyerahkan secara simbolis Kartu Kepesertaan BPJAMSOSTEK bagi 556 tenaga kerja, yang kali ini diperuntukan bagi para Kepala Lindongan, Ketua RT, Petugas Kebersihan di tiga Kecematan, yakni; Kecamatan Tahuna Timur, Tahuna dan Tahuna Barat serta tenaga medis non (Aparatur Sipil Negara (ASN) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Liung Kendage Tahuna dan RSUD Liung Paduli.



Dalam sambutan singkatnya, Bupati Jabes Gaghana menyatakan bahwa upaya pemberian kartu BPJAMSOSTEK ini adalah langkah kongkrit dan komitmen dari Pemkab Sangihe dalam memberikan perlindungan bagi tenaga kerja.


“Kita semua tidak akan mengetahui apa yang terjadi dalam setiap melaksanakan pekerjaan kita.

Dan kita semua tidak ingin hal-hal buruk terjadi bagi kita ketika sedang bekerja. Dengan upaya pemberian BPJAMSOSTEK ini setidaknya akan memberikan perlidungan bagi kita”, ujar Gaghana.


Bupati Gaghana sangat mengapresiasi kinerja dari Disnakerda Sangihe yang menurutnya selama ini sangat serius dalam menindak lanjuti hal yang berkaitan dengan jaminan sosial para pekerja


“Sebab hal ini sungguh sangat bermanfaat untuk meringankan beban bagi para pekerja,” pungkas orang nomor satu di lingkup Pemkab Sangihe ini


Sementara itu, Kepala Disnaker Daerah Sangihe Drs Dokta Pangandaheng ketika ditemui disela-sela penyerahan Kartu BPJAMSOSTEK tersebut, menyatakan bahwa total kartu yang diserahkan berjumlah 556 kartu.


“Dengan rincian untuk Kepala Lingkungan (Kaling) berjumlah 70 kartu, Ketua RT 167, Petugas Kebersihan 159 serta 161 Tenaga Medis RSUD Liung Kendage dan Liung Paduli (non ASN) dan perlu dipertegas lagi, Kartu BPJAMSOSTEK ini masih akan berlanjut bagi perangkat desa yang belum menerima serta profesi lainnya sesuai mekanisme aturan,” tandas Kadis Pangandaheng.


(Erick Sahabat)