BPJAMSOSTEK Banjarmasin Luncurkan Program Vokasi Asik untuk Pelatihan Kerja


Posted : 30-07-2020 15:29:36


Banjarmasin, InfoPublik - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja (BPJAMSOSTEK) Banjarmasin telah meluncurkan program “Vokasi Asik BPJAMSOSTEK” guna meningkatkan keterampilan dan menjadi modal mereka untuk kembali bekerja.


Kepala Kantor Cabang BPJAMSOSTEK Banjarmasin, Opik Taufik mengatakan, program vokasi merupakan salah satu bentuk kepedulian BPJAMSOSTEK dengan cara membuka kesempatan bagi para pekerja yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) atau sedang tidak bekerja untuk mengikuti program pelatihan vokasional agar bisa kembali masuk ke lapangan pekerjaan.


“Program tersebut pertama kali dilaksanakan di cabang Banjarmasin dan tidak dipungut biaya dalam pendaftarannya. Selain itu, peserta akan dapat uang saku selama pelatihan berlangsung. kalau mau daftar tinggal kunjungi di link sso.bpjsketenagakerjaan.go.id,” kata Opik saat dihubungi Jurnalis Media Center melalui whatsapp, Kamis (30/7/2020).


Persyaratan dalam mengikuti program pelatihan tersebut yaitu, harus memiliki KTP Elektronik, memiliki kartu BPJAMSOSTEK, tidak sedang bekerja (berhenti bekerja minimal tiga bulan maksimal 24 bulan), usia maksimal 40 Tahun, dan pemberian latihan hanya saut kali serta bersedia mengikuti ketentuan pelatihan dengan mengisi surat pernyataan.


Jenis pelatihan yang dapat diikuti yaitu teknik komputer dan jaringan, tata rambut, hantaran, tata boga, komputer dasar, barista, op excavator, op bulldozer, basic scaffolding, basic rigging, K3 teknik listrik, op crane, dan op loder.


“Jadi kapasitas setiap jenis pelatihan dalam setiap kelasnya diikuti 10 hingga 15 peserta,” ujarnya.


Selain itu, untuk menarik minat masyarakat dalam mengikuti program pelatihan ini, pihaknya telah mensosialiasikan melalui media sosial, spanduk, banner, leaflet, iklan di radio lokal serta para karyawan menyosialiasikan di sekitaran tempat tinggal mereka. (MC Kalsel/tgh/arh/eyv)