BPJAMSOSTEK Cabang Padang Bayarkan Klaim Sebanyak Rp70 Miliar Selama Pandemi COVID-19


Posted : 30-07-2020 11:28:29



KLIKPOSITIF - Wabah Virus Covid 19 yang masih melanda Indonesia hingga hari ini sangat berdampak terhadap kondisi perekonomian dan mengakibatkan tingginya tingkat PHK kepada para pekerja. Tingginya tingkat PHK ini mempengaruhi meningkatnya klaim Jaminan Hari Tua (JHT) yang dibayarkan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJAMSOSTEK).


Menghadapi kondisi saat ini, BP Jamsostek tetap berkomitmen memberikan pelayanan kepada peserta dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah, yaitu dengan memfokuskan layanan klaim jaminan menjadi layanan online dan tanpa kontak fisik. Protokol Lapak Asik (Layanan Tanpa Kontak Fisik) BPJAMSOSTEKmerupakan salah satu upaya dalam mendukung pemerintah meminimalisir dan menghentikan penularan wabah covid-19.


baca juga: Tingkatkan Kualitas dan Kuantitas Data PBI-JK Dan PD Pemda, BPJS Kesehatan Koordinasi dengan Dinas Sosial

Layanan Tanpa Kontak Fisik (Lapak Asik) BPJAMSOSTEK diaktifkan sebagai pedoman protokol layanan klaim JHT di kala kondisi pandemi Covid-19. Melalui protokol Lapak Asik, peserta tidak perlu datang ke kantor cabang, cukup mendaftar via online. Dengan protokol ini, peserta dapat menghemat waktu dengan tidak harus datang ke kantor cabang BPJAMSOSTEK seperti yang biasa dilakukan sebelumnya


Hal-hal yang harus diperhatikan antara lain: memastikan kelengkapan dokumen yang disyaratkan, tenggat waktu pengiriman dokumen, dan keberadaan peserta saat dihubungi melalui panggilan video. Ketersediaan dokumen asli saat proses verifikasi juga harus dipastikan agar proses pengajuan klaim JHT berjalan dengan lancar.


Sementara itu, Kepala Kantor Cabang BPJAMSOSTEK Cabang Padang Yuniman Lubis menjelaskan, selain Protokol Lapak Asik ini, kami BP Jamsostek juga menerapkan Pelayanan One To many secara offline, dimana 1 orang Customer Service dapat melayani empat (4) peserta.


"Sehingga peserta yang datang untuk klaim dapat diproses secara cepat, aman serta nyaman. Setelah selesai verifikasi berkas oleh CSO peserta bisa langsung pulang dan tinggal menunggu kalim kami transfer ke masing-masing rekening," ujarnya melalui rilis yang diterima KLIKPOSITIF .


Yuniman Lubis menambahkan, dari awal pandemi Covid 19 yaitu bulan Maret 2020 sampai dengan bulan Juli 2020 BPJAMSOSTEK Cabang Padang telah telah membayarkan Klaim Jaminan Hari Tua (JHT) sebanyak 6.770 klaim dengan jumlah total Rp 63 miliar, Klaim Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) sebanyak 621 klaim dengan jumlah total Rp 3,4 miliar, Kalim Jaminan Kematian (JKM) sebanyak 79 kalim dengan jumlah total Rp 3,1 miliar dan Klaim Jaminan Pensiun (JP) sebanyak 1.056 kalim dengan jumlah total Rp 1,3 miliar.


Editor: Khadijah