Layanan Lapak Asik "One to Many" BPJAMSOSTEK Siap Layani Peserta


Posted : 30-06-2020 10:34:06

 


Layanan Lapak Asik 


Ruang pelayanan di Kantor BPJAMSOSTEK Cabang Jakrata Sudirman tampak menerapkan protokol kesehatan secara ketat melalui Lapak Asik. (Ist)

Jakarta, HanTer - Berbagai inovasi dilakukan oleh BPJAMSOSTEK guna memberikan pelayanan prima kepada setiap peserta, khususnya sejak terjadi pandemi Covid-19, pemberlakuan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) hingga masa transisi tatanan normal baru saat ini.


Sejak bulan Maret lalu BPJAMSOSTEK telah memperkenalkan inovasi layanan, yaitu protokol Layanan Tanpa Kontak Fisik (LAPAK ASIK) melalui kanal hibrid yaitu online, offline dan kolektif. Untuk kanal online, peserta dapat mengajukan klaim dengan cara mengakses antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id.


Namun bagi peserta yang mengalami kendala saat menggunakan Lapak Asik online, BPJAMSOSTEK juga membuka kanal offline yang tersedia di kantor cabang BPJAMSOSTEK di seluruh Indonesia, salah satunya di Kantor Cabang Jakarta Sudirman, pelayanan ini tetap mengedepankan protokol kesehatan.


Kepala Kantor Cabang BPJAMSOSTEK Jakarta Sudirman Erni Purnamawati mengungkapkan, LAPAK ASIK offline ini tetap tidak mempertemukan petugas BPJAMSOSTEK dan peserta secara langsung, sebab telah disediakan meja-meja yang dilengkapi layar monitor yang terhubung dengan petugas secara video conference untuk kebutuhan komunikasi dan verifikasi data.


“Melalui metode ini, setiap petugas Customer Service Officer (CSO) mampu melayani 4-6 orang sekaligus dalam waktu bersamaan yang disebut "One to Many". Sehingga secara tidak langsung kemampuan penyelesaian klaim meningkat dan phsycial distancing tetap terjaga,” kata Erni di Jakarta, Senin (29/6/2020).


Terlihat di ruang Pelayanan Kantor Cabang Jakarta Sudirman telah disediakan meja–meja yang telah di atur sedemikian rupa dengan tetap menjaga phsycial distancing. Pada masing-masing meja juga dilengkapi dengan handsanitizer.


BPJAMSOSTEK mengembangkan sendiri aplikasi pendukung LAPAK ASIK, menggunakan aplikasi internal yang telah dimiliki (SMILE), dipadukan dengan aplikasi video conferencing TrueConf dengan tetap memperhatikan keamanan data para peserta.


Erni mengimbau bagi peserta yang ingin mengajukan klaim untuk tetap sebisa mungkin berada di rumah dan menggunakan kanal online yang telah disediakan. Karena prosesnya lebih mudah dan mengurangi potensi terpapar virus Covid-19.


“Mari kita berharap agar pandemi ini segera berakhir agar kita dapat menjalankan aktifitas normal seperti biasanya dan sekali lagi kami sampaikan agar selalu menjaga kesehatan terus berkomitmen menjalankan protokol pencegahan salah satunya dengan menggunakan masker,”pungkas Erni.