BPJAMSOSTEK Raih Penghargaan Internasional


Posted : 17-05-2020 04:13:05

SuaraKarya.id -
GRESIK: BPJAMSOSTEK berhasil menyabet Bronze Medal dalam kategori Laporan Terbaik Sektor Publik pada kegiatan Asia Sustainability Reporting Awards (ASRA). Penghargaan dalam ajang internasional bergengsi di Asia itu ikut memberi kebanggaan seluruh jajaran hingga ke daerah.

Menurut Kepala BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Cabang Gresik Ahmad Fauzie Usman, ASRA smerupakan sebuah ajang penghargaan bergengsi untuk pembuatan laporan keberlanjutan bagi lembaga dan perusahaan. "Kami bersyukur atas penghargaan yang diterima Instansi kami di ajang ASRA ini," ujarnya, Jum'at (16/5/2020).

Pihaknya berharap, perolehan medali ini akan mendorong instansinya untuk semakin konsisten dalam menyediakan Pelaporan Terbaik di Sektor Publik. Perolehan itu disebut sebagai capaian yang membanggakan dan buah manis dari hasil kerja keras tim lintas direktorat.

Menurut Direktur Keuangan BPJAMSOSTEK,  Evi Afiatin, meski belum diwajibkan oleh regulator, dalam dua tahun terakhir ini pihaknya telah membentuk tim yang berdedikasi untuk mempersiapkan laporan terintegrasi berkelanjutan. Mereka mengikuti ajang penghargaan ASRA sebagai bagian dari proses feed back.

Tahun lalu, pihaknya hanya masuk sebagai finalis pada ajang yang sama. Tapi tahun ini, mereka meraih Bronze Medal untuk kategori 'Best Sustainability Report for Public Sector'.

Para pemenang itu merupakan hasil seleksi ketat sebanyak 461 laporan dari 16 negara se-Asia. Dari seluruh laporan yang telah masuk, kemudian diseleksi lebih lanjut menjadi 80 besar dari 13 negara yang memperebutkan total 19 kategori penghargaan.

Event itu juga mengundang HE Niclas Kvarnström, selaku Duta Besar Swedia untuk Singapura sebagai tamu kehormatan pada kegiatan yang seluruh rangkaiannya dilaksanakan secara virtual sebagai dampak dari pandemi Covid-19 tersebut. Kegiatan dihadiri oleh lebih dari 200 pemimpin perusahaan atau lembaga, pakar dan praktisi dibidang Sustainability Report, akademisi, kedutaan besar serta asosiasi pengusaha.

Dalam sambutannya, Kvarnström mengakui sedang menaruh perhatian penuh terhadap pentingnya transparansi laporan sebuah lembaga. Karena sangat berpengaruh terhadap penyelesaian masalah-masalah global.

Menurutnya, sebuah lembaga yang mampu bertanggung jawab terhadap penyelesaian permasalahan, tentu akan menjadi contoh yang dianut oleh sekitarnya. Para investor juga harus mulai menaruh perhatian lebih terhadap tingkat kinerja keberlanjutan sebuah perusahaan, maka sehingga Sustainability Reporting menjadi sebuah sarana yang penting.

Rajesh Chhabara, Direktur Pengelola CSRWorks International dan penggagas ASRA menjelaskan, sebagai ajang penghargaan bergengsi untuk Sustainability Reporting, pihaknya terus mengembangkan kualitas dan ciri khasnya dalam menggalakkan persaingan yang sehat antar kompetitor dalam meraih penghargaan ini. ASRA menggunakan sistem penjurian yang independen untuk menentukan para peraih Gold, Silver dan Bronze medal untuk laporan-laporan yang telah masuk.

BPJAMSOSTEK berkomitmen untuk mendukung pemerintah mencapai target pembagunan berkelanjutan (SDGs) melalui program kerja yang terintegrasi sebagai bagian dari program kerja operasional institusi. Diantaranya ikut berkontribusi pada pengurangan kemiskinan (reduced poverty) yaitu melindungi kurang lebih 41 juta pekerja dari risiko finansial melalui program jaminan sosial ketenagakerjaan dan program return to work.***