BPJS Ketenagakerjaan Lindungi 6.109 THL dan Guru Honorer Pemprov Sulut


Posted : 29-11-2019 09:22:46

TRIBUNMANADO.CO.ID -  Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) dan BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Cabang Manado kembali menjalin kerja sama terkait pemberian perlindungan bagi tenaga kerja non ASN atau Tenaga Harian Lepas (THL) Pemprov Sulut.


Kepala BPJamsostek Manado, Hendrayanto mengatakan, pihaknya telah menandatangani MoU (Nota Kesepahaman) dengan Gubernur Sulut, Olly Dondokambey.


Dalam MoU Nomor 180/3/27/XI/PKS/2019. Nomor : PKS/7/112019 itu disebutkan, BPJamsostek Cabang Manado akan memberi perlindungan Jaminan Sosial Tenaga Kerja kepada 6.109 pegawai non ASN atau THL Pemprov Sulut sepanjang tahun 2020.


Sudah termasuk di dalamnya, ribuan guru honorer SMA/SMK se-Sulut. "Kami apresiasi kepedulian Gubernur Sulut yang memberi perlindungan kepada non ASN," kata Hendra, Kamis (28/11/2019).


Kabid Kepesertaan BPJamsostek Manado, Adi Safa C menjelaskan, peserta akan dilindungi Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).


Artinya jika terjadi kecelakaan BPJamsostek akan melakukan perawatan pengobatan sampai sembuh. Sedangkan jika meninggal akan memberikan santunan pada ahli waris sebesar Rp 24 juta.


Dia menerangkan, pihaknya  akan memberikan pelayanan maksimal pada seluruh peserta  non-ASN.


“Kami sudah bekerja sama dengan seluruh fasilitas kesehatan yang ada di Sulut untuk memberikan pelayanan kepada peserta yang mengalami kecra melindungi lewat BPJS Ketenagakerjaan, karena aturannya sudah jelas,” katanya.


Penulis: Fernando_Lumowa

Editor: Alexander Pattyranie