BPJS Ketenagakerjaan antarkan 4.500 kartu peserta nelayan Lingga


Posted : 26-11-2019 16:41:37

Lingga, Kepri (ANTARA) - BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tanjungpinang, Kepulauan Riau menyerahkan 4.500 kartu peserta untuk perlindungan jaminan kecelakaan kerja (JKK) dan jaminan kematian (JKm) kepada nelayan di Kabupaten Lingga.

Penyerahan kartu peserta tersebut dilakukan secara simbolis di Lapangan Sultan Mahmud Riayat Shah, Lingga, oleh Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tanjungpinang Rini Suryani kepada Bupati Lingga Alias Wello dengan antara lain disaksikan Pelaksana Tugas Gubernur Kepulauan Riau Isdianto serta unsur organisasi perangkat daerah setempat.

"Penyerahan disejalankan dengan peringatan HUT Ke-16 Kabupaten Lingga," kata Rini Suryani di Lingga, Minggu.

Ia menyampaikan penyerahan kartu tersebut wujud komitmen Pemkab Lingga melalui APBD Perubahan Tahun 2019 yang telah membayarkan iuran dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat pekerja di daerah tersebut.

"Khususnya para nelayan yang notabenenya pekerja paling banyak dan memiliki risiko paling tinggi," ujar dia.

Bupati Lingga Alias Wello menyatakan banyak hal yang telah dicapai oleh daerah itu pada usia ke-16 tahun ini, salah satunya memperhatikan risiko yang tinggi bagi pekerja rentan, seperti nelayan.

ia mengharapkan masyarakat pekerja lainnya di Lingga, khususnya Dabo Singkep, dapat segera menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Dia mengatakan warga yang ingin mendaftar dalam program kepesertaan jaminan sosial itu, saat ini tidak perlu jauh-jauh mengurusnya karena BPJS Ketenagakerjaan sudah bekerja sama dengan BNI Dabo untuk membuka unit layanan.

"Untuk calon peserta dapat melakukan pendaftaran menjadi peserta untuk mendapatkan program jaminan kematian, jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, serta jaminan pensiun," katanya.

Dalam kegiatan tersebut juga diserahkan secara simbolis jaminan kematian masing-masing Rp24.000.000 kepada tiga ahli waris pegawai tidak tetap atau non-ASN Kabupaten Lingga atas nama Rizalul Fiqri, Iskandar, dan Dadan Sumpena.