70 Pekerja Rentan di Solo Mendapatkan BPJS Ketenagakerjaan Gratis


Posted : 08-11-2019 08:29:53

SOLO - Sebanyak 70 kartu peserta BPJS ketenagakerjaan diserahkan oleh Kepala BPJS Kota Surakarta, Rudy Yunarto, kepada pekerja rentan yang ada di Surakarta, Kamis, (07/11) di Rumah Dinas Wakil Wali Kota Surakarta.


Acara ini merupakan perwujudan program dari BPJS ketenagakerjaan yang bernama Gerakan Nasional Peduli Perlindungan Pekerja Rentan (GN Lingkaran), dimana salah satu pekerja rentan disini adalah para difabel.


Rudy Yunarto menjelaskan bahwa program GN Lingkaran merupakan sebuah program untuk membantu para pemberi lapangan kerja yang mereka tidak mampu untuk membayar iurannya jaminan ketenagakerjaan, jadi diistilahkan dengan tenaga kerja rentan, selain itu mereka juga mempunyai resiko dalam bekerja.


“Kalau punya resiko siapa yang menanggung sedangkan mereka tidak mampu membayar iuran. Maka dari itu kita menginisiasi, mencari sumber dana, kita mencoba perusahaan-perusahaan swasta, perbankan atau lembaga manapun yang mereka mampu dan mempunyai CSR,” terangnya.


“Ini kebetulan ada salah satu perusahaan besar di Jakarta yang bernama PT Batavia Prosperindo yang melimpahkan dana CSRnya ke Solo, lalu dibagikan kepada 1000 tenaga kerja untuk membayar iuran BPJS ketenagakerjaan selama 3 bulan. Ya, harapannya setelah 3 bulan ini mereka muncul kesadaran untuk bisa membayar iuran sendiri,” imbuhnya.


Rudy berharap CSR yang diberikan oleh perusahaan yang berasal dari Jakarta tersebut dapat menjadi contoh di Surakarta. Sehingga muncul kesadaran dari perusahaan-perusahaan untuk melakukan hal yang sama.


Lebih lanjut Rudy akan membicarakan perihal BPJS ketenagakerjaan ini dengan Wakil Wali Kota Surakarta, Achmad Purnomo, yang turut menghadiri penyerahan kartu peserta BPJS ketenagakerjaan kepada para pekerja difabel di Kota Surakarta. (Fernando Fitusia)