BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bukittinggi Gelar Evaluasi dan Gathering PLKK


Posted : 06-11-2019 13:46:56

BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM – Puluhan perwakilan rumah sakit, puskesmas dan klinik mitra BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bukittinggi menghadiri evaluasi pelaksanaan dan gathering Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK) di Grand Royal Denai Hotel Bukittinggi, Selasa (4/11).


Kegiatan yang digelar hingga Rabu(5/11) tersebut, dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Bukittinggi Bayu Marwanto dengan menghadirkan narasumber Dokter Penasehat Wilayah Provinsi Sumatera Barat Dr. Irwan Yuliandi, M.Kes.


Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Bukittinggi Bayu Marwanto dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk apresiasi terhadap PLKK yang telah menjalin kerja sama yang baik dengan BPJS Ketenagakerjaan Bukittinggi selama ini.


“Selain itu, kegiatan ini juga sebagai ajang silaturrahmi dan merefresh kembali program-program dari BP JAMSOSTEK atau BPJS Ketenagakerjaan yang dikenal selama ini,” katanya.


Kedepan lanjut Bayu Marwanto, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bukittinggi menargetkan akan memperluas dan memperbanyak lagi PLKK, sehingga PLKK ada disetiap daerah dan menjangkau hingga kepelosok.


“Semua itu dilakukan dalam rangka untuk meningkatkan pelayanan kepada peserta BPJS Ketenagakerjaan. Jika terjadi kecelakaan kerja, mereka bisa langsung mendapat pertolongan atau langsung ditangani. Kemudian, mereka cukup memikirkan kesembuhan tanpa harus memikirkan biaya, sebab semuanya sudah dicover oleh BP JAMSOSTEK atau BPJS Ketenagakerjaan,” terangnya.


Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bukittinggi Lisa menjelaskan, Pusat Layanan Kecelakaan Kerja yang disingkat PLKK adalah fasilitas pelayanan kesehatan berupa klinik, puskesmas, balai pengobatan, praktek dokter bersama dan rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam memberikan pelayanan kesehatan pada kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja.


“Se-Indonesia, BPJS Ketenagakerjaan sudah bekerja sama dengan 7891 PLKK. Khusus untuk wilayah kerja BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bukittinggi, sudah kerjasama dengan 43 PLKK. Apa dan dimana saja PLKK itu bisa langsung dicek melalui aplikasi BPJSTKU,” katanya.


Kegiatan evaluasi pelaksanaan dan gathering PLKK imbuh Lisa, merupakan agenda rutin BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bukittinggi yang digelar minimal sekali setahun.


“Selain mempertajam pengetahuan tentang program-program BPJS Ketenagakerjaan, kegiatan ini juga sebagai ajang berbagi dan mencari solusi terhadap kendala-kendala yang ditemui PLKK terkait pelayanan kepada peserta BPJS Ketenagakerjaan. Pada akhir kegiatan juga digelar beberapa fun game,” jelasnya.


Reporter: Wetrizon

Editor: Nova