BPJS Ketenagakerjaan Edukasi Manfaat Program kepada Siswa SMK


Posted : 18-10-2019 09:08:33

indopos.co.id – Karyawan Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Pluit ”mengajar” di SMK Remaja Pluit, Jakarta Utara, (17/10/2019). Program tersebut untuk memberikan literasi tentang pentingnya program jaminan sosial ketenagakerjaan pada kelompok usia remaja.


Kepala Kantor Cabang (Kakacab) BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Pluit Sulhan Ibrahim mengatakan, kegiatan employee volunteering  bertema Cerdas Bersama BPJS Ketenagakerjaan tersebut murni inisiatif dari karyawan. ”Kegiatan ini berbentuk edukasi untuk memberikan pengetahuan dan dampak positif kepada kalangan pelajar di sekitar Kantor Cabang BPJS Ketanagakerjaan Jakarta Pluit,” cetusnya.


Menurut Sulhan edukasi program jaminan sosial ketenagakerjaan sejak usia dini akan meningkatkan kesejahteraan pekerja di masa mendatang. Seperti halnya pelajar yang memahami besarmya manfaat BPJS Ketenagakerjaan, maka diyakini akan langsung tertarik menjadi peserta ketika memasuki dunia kerja nanti.


”Ketika menjadi karyawan dia akan menanyakan hak yang harus diberikan oleh pemberi kerjanya. Begitu pula ketika dia menjadi pemberi kerja, dia akan langsung memberikan hak perlindungan kepada dirinya sendiri dan kepada seluruh pekerjanya,” ujar Sulhan.


Dikatakan, employee volunteering merupakan kegiatan yang berangkat dari kesadaran karyawan BPJS ketenagakerjaan. Tujuannya  untuk memberikan dampak positif serta hubungan yang baik dengan masyarakat. ”Dengan adanya employee volunteering, masyarakat dapat merasakan langsung kepedulian BPJS ketenagakerjaan,” ungkapnya.


Kehadiran karyawan Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Pluit tersebut disambut baik Kepala SMK Remaja Pluit Tubagus Bay Haqi dan siswa setempat. Kegiatan meliputi penyampaian informasi mengenai apa itu BPJS Ketanagakerjaan beserta manfaatnya kepada pekerja. Matari disampaikan oleh Kakacab BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Pluit Sulhan Ibrahim kepada para siswa.


Tampak para siswa terlihat antusias dengan materi yang disampaikan. Siswa banyak yang penasaran lalu bertanya untuk menggali lebih dalam program BPJS Ketenagakerjaan. Acara bertambah seru dengan adanya bagi-bagi suvenir bagi pelajar yang bertanya maupun yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar dari tim Kantor Cabang BPJS ketenagakerjaan Jakarta Pluit.


Editor: Dani Tri Wahyudi