Sunanto Terima Manfaat JKK Rp 477 Juta Lebih dari BPJS Ketenagakerjaan


Posted : 09-10-2019 08:24:36

RauKepri.com, DUMAI – Sunanto (43) telah menerima secara simbolis manfaat Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) sebesar Rp.477.117.581,-dari BPJS Ketenagakerjaan Dumai Selasa (08/10/19


Manfaat sebesar itu diterima pekerja PT Tenago Trimindo tersebut terdiri atas biaya pengobatan & perawatan Rp 293.150.357,- biaya protesa/ orthese Rp 99.500.000,- biaya transport darat 1.000.000,-, Santunan Sementara Tidak Mampu Bekerja (STMB) Rp 9.116.780- serta santunan cacat Rp 74.350.444,-


Direktur PT Tenago Trimindo Muhammad Toha dan HRD PT Tenago Trimindo Sodikin, Sekretaris Disnakertrans Dumai MT Parulian Siregar SE, dan sejumlah Kabid BPJS Ketenagakerjaan Dumai hadir dalam acara tersebut.


Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Dumai, Parulian Siregar SE mengucapkan terimakasih kepada perusahaan yang telah mengikuti program perlindungan sosial.


Karena program perlindungan sosial yang dikelola BPJS Ketenagakerjaan sangat bermanfaat bagi pekerja juga bagi perusahaan. Untuk itu, Parulian menekankan agar perusahaan jangan menjadikan pekerja hanya sebagai ‘alat’ namun hendaknya jadi ‘aset’ yang harus dijaga.


Karena alat, kata Parulian bisa dipakai atau tidak, namun kalau pekerja dijadikan aset, maka harus tetap dijaga. “Jadikan pekerja sebagai aset yang harus tetap dijaga dan dirawat. Inilah makna dari hubungan industrial itu,” katanya


Menurut Parulian, tak ada yang ingin terjadi kecelakaan, tapi semua bisa terjadi, kapan dan dimana saja bisa terjadi kecelakaan.


‘Namun, dengan adanya program jaminan sosial ini maka pekerja dan keluarga serta perusahaan sangat terbantu,” terangnya.


Sosialisasi tentang program jaminan perlindungan sosial di Dumai, tambah Parulian masih sangat perlu dilakukan. Khususnya bagi usia non produktif. Karena ada masa produktif dan tak produktif “Disitulah perlindungan sosial itu hadir,” katanya.


Sunanto sendiri mengucapkan terimakasih kepada BPJS Ketenagakerjaan dan pimpinan perusahaan. Karena dengan didaftarkannya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan oleh perusahaan dia dan keluarganya sangat terbantu.


Apalagi setelah kakinya yang remuk telah diganti dengan kaki palsu dan tetap bekerja di perusahaan. “Sekali lagi saya ucapkan terimakasih,” ujar pria yang memiliki 3 anak dan satu isteri yang mengku sudah sepuluh tahun bekerja di perusahaan tersebut.


Hal senada juga diutarakan HRD PT Tenago Trimindo Sodikin. Dia menjelaskan bahwa kendati belum seluruh program yang diikuti, namun pekerja di perusahaan terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan.


“Terimakasih kepada BPJS Ketenagakerjaan. Ini langkah awal akan pentingnya perlindungan sosial, semoga ke depan seluruh perusahaan di Dumai ikut BPJS Ketenagakerjaan,” harapnya.


Dia mengakui perusahaan mengikuti regulasi pemerintah. Dan pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Dumai cukup mudah dan baik.


“Kami menganggap BPJS Ketenagakerjaan bagian dari perusahaan, kami ucapkan terimakasih, mudah mudahan jadi awal yang baik,” ungkapnya.


Sementara Kepala Cabang (Kacab) BPJS Ketenagakerjaan Dumai Muhammad Riadh menjelaskan, Sunanto mengalami kecelakaan ketika berangkat bekerja mengendarai sepeda motor tiba-tiba rantai motor putus dan Sunarto berhenti dipinggir jalan.


Namun secara tak terduga datang truk pengangkut kayu bakal menabrak korban yang mengakibatkan kaki kirinya hancur.


Sunanto, kata Riadh, adalah salah seorang pekerja pertama di Dumai yang menerima manfaat Return to Work (RTW) dari BPJS Ketenagakerjaan.

Bahkan korban juga masih bekerja di PT Tenago Trimindo bagian logistik.


Keterangan yang berhasil dihimpun di Dumai menyebutkan, operator pompong di PT Tenago Trimindo yang tinggal di Dusun Temiang Bandar Laksamana Bukit Batu itu mengalami kecelakaan kerja saat berangkat dari rumah menuju tempat kerja membuat kakinya patah dan remuk.


Beruntung PT Tenago Trimindo terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan sehingga pekerja di perusahaan mendapat jaminan perlindungan sosial dari badan publik tersebut.


Begitu terjadi kecelakaan Sunanto langsung dilarikan ke Rumah Sakit dan selanjutnya dirujuk ke Rumah Sakit Eka Hospital Pekanbaru.


“Kini Sunanto sudah bisa tersenyum bahagia menikmati manfaat JKK RTW BPJS Ketenagakerjaan, ini,” jelasnya.