Driver Gojek di Kisaran Diberikan Pemahaman Program BPJS Ketenagakerjaan


Posted : 04-10-2019 13:57:23

Medanbisnisdaily. com - Kisaran. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Kisaran memberikan pemahaman program perlindungan bagi tenaga kerja. Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kisaran, Moch Faisal, menjelaskan, pihaknya bersama para driver gojek melakukan pertemuan untuk mensosilisasikan manfaat program BPJS Ketenagakerjaan. Pasalnya driver gojek merupakan salah satu pekerjaan yang memiliki risiko pekerjaan cukup tinggi.


"Para driver kita berikan pengetahuan terkait perlindungan jaminan sosial. Mereka ini bisa bergabung, karena mereka masuk dalam perlindungan pekerja Bukan Penerima Upah (BPU)," ungkap Faisal, Jumat (4/10/2019), di gedung BPJS setempat.


Faisal mengatakan, para driver merupakan kategori BPU lantaran tak menerima upah tetap setiap bulan. Oleh sebab itu iuran yang dibayarkan dengan upah terendah Rp 1.000.000 hanya Rp 16.800 per orang per bulan untuk 2 program, yakni JKK dan JKM.


Dari pertemuan kedua belah pihak, Faisal berharap seluruh pekerja Gojek dapat mendaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan lantaran memiliki hak untuk menjadi peserta.


“Kita berharap Driver Gojek yang ada di wilayah Kisaran ini segera terlindungi Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan ,“ ujar Faisal, sembari dari pertemuan sudah ada driver yang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan dan kemungkinan kedepan para driver lainya akan bergabung.


Koordinator Gojek Kisaran, Irwan Sumiyatno Mahandaru mengungkapkan, Gojek telah bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk melindungi para driver apabila terjadi risiko dalam bekerja.


Pihaknya merespon positif kegiatan sosialisasi tersebut agar para driver mengetahui manfaat dari program perlindungan BPJS Ketenagakerjaan.


Reporter: Indra Sikoembang

Editor: Sasli Pranoto Simarmata