Upaya Penegakan Regulasi, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bogor Kota Bekerjasama dengan Kejaksaan


Posted : 11-09-2019 09:02:45

POJOKSATU.id, Bogor – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kantor Cabang Bogor Kota dan Kejaksaan Negeri Kota serta Kabupaten Bogor mempererat hubungan dengan melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama dalam upaya penegakan regulasi dan perluasan cakupan kepesertaan di wilayah Kota dan Kabupaten Bogor, Rabu (4/09/2019).


Kegiatan yang dihadiri oleh Kepala Kejaksaan Negeri Kota dan Kabupaten Bogor, Kasie Datun, dan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bogor Kota itu dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari perjanjian kerjasama yang ditandatangani oleh Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara (Jamdatun) pada bulan Mei tahun 2019 di Jakarta.


Kerjasama dengan Kejaksaan negeri dinilai efektif dalam menegakkan regulasi dan memperluas cakupan perlindungan bagi pekerja.


Bambang Sutrisna, SH selaku Kepala Kejaksaan Negeri Kota Bogor mengatakan dalam sambutannya bahwa Jaksa Pengacara Negara siap untuk mendampingi BPJS Ketenagakerjaan dalam penegakan kepatuhan pemberi kerja di Kota Bogor.


“Perpanjangan kerjasama ini sangat penting dilakukan untuk mengukur efektifitas penerapan regulasi dan mengetahui jumlah Pemberi Kerja yang patuh terhadap aturan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” katanya.


Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bogor Kota, Chairul Arianto mengemukakan bahwa di tahun 2019, pihaknya menggandeng Kejaksaan Negeri Kota Bogor terkait kepatuhan Pemberi Kerja dalam pendampingan administrasi pendaftaran dan tunggakan iuran di wilayah Kota Bogor.


Sementara itu, Bambang Hartoto, SH., MH selaku Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Bogor dalam sambutannya menyebutkan, pendampingan oleh Kejaksaan Negeri Kabupaten Bogor telah dilakukan sejak tahun 2018 dalam upaya pendaftaran bagi seluruh perangkat desa.


Pada bulan September ini sosialisasi terkait kepatuhan pemberi kerja dalam tertib pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan akan dilakukan kepada 20 Perusahaan di wilayah Kabupaten Bogor.


Ke depannya akan dilakukan sosialisasi kepada Sekolah yang mempekerjakan tenaga kerja honorer agar semuanya mendapat perlindungan program BPJS Ketenagakerjaan.