Desa Triharjo Sadar Akan Pentingnya Jaminan Sosial


Posted : 09-09-2019 13:20:12

SERAHKAN KARTU: Kepala BPJS Ketenagakerjaan Sleman Taufiq Nurrahman menyerahkan kartu anggota BPJS Ketenagakerjaan kepada Tim Penyuluh Kesehatan desa setempat. (suaramerdeka.com / dok)


SLEMAN, suaramerdeka.com - Ratusan warga dan perangkat Dusun Panggeran IX, XII dan Panasan Desa Triharjo, Kabupaten Sleman, kemarin ramai-ramai mengikuti jalan sehat bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kabupaten Sleman.


Kepala BPJS Ketenagakerjaan Yogyakarta, Ainul Kholid melalui Kepala BPJS Ketenagakerjaan Sleman Taufiq Nurrahman mengatakan, kegiatan jalan sehat di Desa Triharjo ini merupakan yang kedua kalinya, yang mana sebelumnya diselenggarakan pada tahun 2018.


Desa triharjo juga merupakan Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan yang ada di Kabupaten Sleman sejak tahun lalu dan seluruh perangkat desanya telah terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan empat program, yaitu kecelakaan kerja, kematian, hari tua dan pensiun. Selain perangkat desa, seluruh perangkat rt/rw di Desa Triharjo juga masuk di dalam daftar peserta BPJS Ketenagakerjaan dan akan menyusul untuk kepesertaan seluruh kader kesehatan dan Linmas yang ada di desa tersebut.


AR BPJS Ketenagakerjaan Sleman Yosefin Tri Novia dalam sosialisasinya menyampaikan, diharapkan masyarakat yang belum terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, segera mendaftarkan dirinya mengingat pentingnya perlindungan kerja bagi semua pelaku usaha yang ada di Desa Triharjo ini.


"Program yang bisa diikuti meliputi program jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan hari tua, dan jaminan pensiun dengan cara pendaftaran dan klaim yang sangat mudah bagi peserta,” kata Yosefin .


Gerakan Jalan sehat bersama BPJS Ketenagakerjaan merupakan salah satu strategi meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan. Oleh karena itu, BPJS Ketenagakerjaan perlu memperluas manfaat kepesertaan program ini lewat pembentukan Kegiatan-kegiatan yang lain.


Kepala Desa Triharjo Irawan mengatakan, jaminan sosial ketenagakerjaan memang perlu diketahui bagi warga desanya sebab semua pekerjaan memiliki risiko.


“Seperti kecelakaan lalu lintas pada saat akan atau pulang kerja. Tak jarang, kecelakaan kerja itu bisa mengakibatkan si pekerja lumpuh, sehingga tidak bisa bekerja lagi. Karena itu, program ini sangat diperlukan bagi seluruh tenaga kerja khususnya masyarakat desa triharjo sehingga apabila mengalami kecelakaan kerja ataupun kematian, ada biaya maupun santunan yang didapat dari BPJS Ketenagakerjaan,” kata Irawan.


Penulis: Sugiarto