BPJS Ketenagakerjaan Harap Pelaku Jasa Konstruksi Bisa Daftarkan Pekerjanya


Posted : 10-07-2019 08:18:35

Beritaklick.com | KENDARI – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) berharap para pelaku jasa kontruksi segara mendaftarkan pekerjanya sebagai peserta jaminan sosial.


Hal ini dikatakan langsung, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kendari, La Uno, usai mengadakan Rapat Koordinasi Jasa Kontruksi dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) , Senin (8/7) di Plaza In Hotel Kendari.


“Sesuai dengan pergub dan undang-undang bahwa para pelaku usaha jasa konstruksi wajib memberikan jaminan sosial bagi pekerjanya,” ucap La Uno kepada awak media usai usai pelaksanaan sosialisasi.


Terlebih lagi memang, kata La Uno, Apalagi, kata Uno, untuk para pelaku usaha dijasa kontruksi yang ingin melakukan suatu mekaniskme lelang persyaratan diantaranya harus terdaftar sebagai peserta di BPJS Ketenagakerjaan.


“Para pelaku usaha kasa kontruksi jika ingin mendapatkan proyek, maka harus daftar di BPJS Ketenagakerjaan. Olehnya itu, pemerintah harus sudah bisa memfollow up agar kebijakan ini harus diterapakan,” terang la Uno.


Katanya, pergubnya sudah ada, disamping itu mengacu juga pada Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2007 masalah jasa konstruksi, bahwa setiap pelaksana jasa konstruksi wajib memberikan jaminan sosial pada pekerjanya.


“BPJS Ketenagakerjaan mencatat, perusahan jasa kontruksi yang sudah terdaftar di Sultra tahun 2018 dari target 85 ribu baru tercapai 60 ribu atau sekitar 80 persen dari tenaga kerja jasa konstruksi,” tambahnya.


Sementara itu, pada 2019 ini, BPJS Ketenagakerjaan menargetkan 112 ribu pekerja jasa kontruksi bisa tercover di BPJS. (rs/adm)