Apresiasi Perusahaan Patuh, BPJS Ketenagakerjaan Ajak Nobar


Posted : 09-11-2018 09:12:46

INDOPOS.CO.ID - BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Gambir bersama 100 perwakilan perusahaan binaannya untuk nonton bareng (nobar) di Cinema XXI Metropole Jakarta Pusat. Kegiatan tersebut sebagai bentuk apresiasi karena kepatuhan perusahaan terhadap aturan program jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Kegiatan kita ini juga merupakan salah satu upaya dan edukasi ke perusahaan untuk tertib iuran dan tertib administrasi,” ungkap Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Gambir Singgih Marsudi (8/11/2018). Hadir 90 perwakilan perusahaan binaan BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Gambir dan 10 perwakilan perusahaan binaan Kantor Cabang Perintis BPJS Ketenagakerjaan Cempaka Mas.

Menurut Singgih, tertib administrasi mutlak sangat penting karena itu menyangkut hak dari karyawan atau pekerja. Singgih mengimbau kepada peserta gathering untuk melaporkan upah yang sebenarnya, serta membayar waktu dan tepat bulan. Itu penting, salah satunya untuk memastikan agar sistem manfaat program BPJS Ketenagakerjaan selalu aktif.

Seperti jika terjadi musibah kecelakan kerja maka layanan manfaat klaim akan otomatis berlaku saat itu juga. Begitu pula dengan pelaporan upah yang sebenarnya itu terkait dengan besaran nilai manfaat yang seharusnya didapatkan peserta. Singgih menyinggung sebuah kasus dugaan kecurangan sebuah perusahaan besar, yaitu melaporkan upah karyawannya di bawah upah sebenarnya.

Untuk sekilas, kecurangan tersebut dirasakan aman. Tetapi akhrinya kecurangan itu terbongkar setelah tenaga kerja meninggal dalam sebuah tragedi kecelakaan kerja. Konsekwensinya, ahli waris terpaksa menerima hak santunan jauh di bawah nilai yang seharusnya. ”Nah hal seperti ini tentu sangat merugikan pekerja dan keluarga pekerja. Posisi perusahaan juga sangat rawan digugat oleh peserta atau keluarganya,” ucap Singgih.

Keterlambatan iuran dan pelaporan upah di bawah yang sebenarnya juga akan mengurangi manfaat pengembangan saldo Jaminan Hari Tua (JHT). ”Dan yang tak kalah penting adalah segera mendaftarakan tenaga kerja yang belum terdaftar sebagai perserta BPJS Ketenagakerjaan karena hal tersebut adalah hak tenaga kerja yang bekerja di perusahaan,” cetusnya.

Salah satu peserta nonton bareng dari Bank KEB Hana Mayvanna Vinancia mengatakan kegiatan kali ini sangat menarik. ”Karena sosialisasi yang dilakukan tidak melulu formal. Justru sangat terasa kekerabatannya dengan BPJS Ketenagakerjaan,” ujarnya. (dni)