BPJS Ketenagakerjaan Gandeng Tangcit Sebagai Mall Sadar Jalinan Sosial


Posted : 09-11-2018 09:05:31

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - BPJS Ketenagakerjaan meluncurkan Tangerang City Mall sebagai pusat perbelanjaan sadar jalinan sosial ketenagakerjaan.

Peluncuran tersebut untuk mewujudkan ruang lingkup kerja yang aman terjamin dalam bidang jaminan kecelakaan pekerjaan di Tangerang City Mall.

Asisten Deputi Direktur Bidang Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Banten, Mulyana menjelaskan, kegiatan yang dilakukan di main hall Tangcit untuk memberikan edukasi mengenai BPJS Ketenagakerjaan.

Sebab, menurutnya sering terjadi salah kaprah antara BPJS Kesehatan dengan BPJS Ketenagakerjaan.

"Kalau kesehatan itu sakit bukan karena kecelakaan kerja seperti flu dan sakit lainnya. Kalau ketenagakerjaan yaitu kesehatan dan keselamatan dalam ruang lingkup kecelakaan kerja," kata Mulyana di Tangerang City Mall, Kamis (8/11/2018).

Tangerang City Mall sendiri memiliki sekira 1400 tenant dimana satu tenant sendiri diisi minimal dua pegawai.


Banyaknya jumlah pegawai menggerakan BPJS Ketenagakerjaan sosialisasikan untuk bergabung dan mendapat jaminan keselamatan kerja.

"Karena kalau mal ini banyak UMKM, nah ini juga perlu adanya pemahaman diri mereka tentang manfaat dan kewajiban sebagai peserta," jelas Mulyana.


Selain Tangerang City Mall, BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Banten juga sudah melakukan sosialisasi di pusat perbelanjaan di kawasan Karawaci, Kabupaten Tangerang.

Menurut Mulyana, dari ribuan pekerja di Tangerang City Mall, sudah ada sekira 30 persen pegawai yang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

"Dari 30 persen yang ada disini sudah tercapai target. Ke depan sih 2019 Insha Allah paling tidak harus seluruhnya sudah terpenuhi," ujar Mulyana.

Dikesempatan yang sama, Manager Building Tangcit Mall, Wina Andriyani mengatakan, pihaknya sangat mendukung apa yang dilakukan BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Banten.


"Jadi kita memang support untuk sosialisasi ke seluruh toko. Supaya karyawannya ikut BPJS Ketenagakerjaan," saut Wina.

Ia pun menerangkan tidak hanya pegawai tenant namun, pemilik tenant pun menjadi peserta di BPJS Ketenagakerjaan.

Hal itu, menurutnya untuk menciptakan suasana kerja yang aman dan melindungi keselamatan para pekerja di Tangerang City Mall.

"Kalau misalnya ada jaminan ketenagakerjaan kan safety," sambung Wina.

Ia pun berharap sosialisasi dan kolaborasi ini tidak hanya terjadi sekali melainkan menjadi sebuah kegiatan yang kontinu.

"Harus secara kontinu gak boleh berhenti hanya satu bulan. Kita siap memberikan kesempatan untuk langsung berkomunikasi dengan tenant," beber Wina.

Mulyana melanjutkan, BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Banten tidak hanya mencakup pusat perbelanjaan saja melainkan mencalup pedesaan.

Sebab, seorang petani saja membutuhkan jaminan keselamatan saat menjalain profesinya sehari-hari.


"Tidak hanya mal kita juga masuk ke desa-desa. Kenapa? Karena petani pun bekerja dan itu harus dapat perlindungan. Nah sosialisasi ini yang kita tingkatkan," kata Mulyana.


Penulis: Ega Alfreda
Editor: Wahyu Aji