BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Slipi Memberikan Sosialisasi dan Edukasi ke Pasar Kencar


Posted : 11-10-2018 10:24:55

WARTA KOTA, PALMERAH---Petugas Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kantor Cabang Jakarta Slipi menggelar sosialisasi dan edukasi program jaminan sosial ketenagakerjaan ke pedagang Pasar Kencar, Kota Bambu Selatan, Jakarta Barat.

"Sosialisasi dan edukasi ini bertujuan agar pelaku usaha dan pekerja informal di pasar peduli akan resiko, sehingga tumbuh kesadaran pentingnya Jaminan Sosial BPJS Ketenagakerjaan untuk melindungi diri dari risiko-risiko kerja seperti kecelakaan dan kematian yang dapat datang kapan pun dan dimana pun," kata Tidar Yanto Haroen, Kepala Kantor Cabang (Kakacab) BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Slipi yang didampingi oleh Royyan Huda, Kabid Pemasaran Cabang Slipi, Rabu (10/10/2018).

Menurut Tidar, memperoleh perlindungan dari risiko kerja adalah hak setiap warga negara khususnya bagi pedagang yang notabene sebagai pekerja informal atau bukan penerima upah (BPU).

"Itulah sebabnya mengapa pemerintah mendirikan BPJS Ketenagakerjaan untuk menyelenggarakan program jaminan sosial ketenagakerjaan. Semua pekerja harus dilindungi tanpa terkecuali, temasuk pedagang pasar," kata Tidar.

Tidak bisa dibayangkan jika kecelakaan kerja menimpa pekerja informal yang penghasilannya pas-pasan dan menjadi tulang punggung keluarga.

Sudah dipastikan nasib pekerja itu terpuruk dan kondisi perekonomian keluarga hancur.

"Di sinilah negara hadir untuk mencegah terjadinya kemiskinan akibat risiko yang timbul sehingga menjadi beban bagi pekerja itu sendiri dan ahli waris yang ditanggung oleh si pekerja, sehingga dengan kehadiran BPJS Ketenagakerjaan dalam memberikan perlindungan kepada seluruh warga negara lewat program jaminan sosial ketenagakerjaan dapat menjadi solusi untuk mencegah masyarakat dari kemiskinan," katanya.

Setelah mendapat penjelasan, rata-rata pedagang antusias langsung mendaftarkan dirinya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Tidar berharap seluruh pedagang Pasar Kencar dapat menjadi peserta karena program BPJS Ketenagakerjaan akan melindungi dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.

"Apabila seluruh pekerja di Indonesia terlindungi program ini maka akan mampu mendongkrak perekonomian nasional dan produktivitas pekerja di Indonesia," katanya.


Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota

Konten Terkait

Posted : 14-12-2018 12:05:32

Aparat Desa Wajib Mendaftar BPJS-TK


Posted : 14-12-2018 11:35:22

BPJS Ketenagakerjaan Kerjasama dengan Ascort


Posted : 14-12-2018 11:19:32

BPJSTK Lindungi 3.606 Peserta Porprov