Baru Sekali Iuran, BPJS Ketenagakerjaan Serahkan Santunan


Posted : 12-07-2018 11:17:57

INDOPOS.CO.ID - BPJS Ketenegakerjaan Cabang Jakarta Sudirman, menyerahkan santunan Jaminan Kematian (JKM) secara simbolis kepada ahli waris Alm Sunoyo dan Almh Selfi Sinaga masing – masing sebesar Rp 24.000.000. Penyerahan berlangsung pada kegiatan bersama bertema Penyerahan Klaim Simbolis Jaminan Kematian, Rapat Evaluasi, dan Sosialisasi Debit Otomatis Bank DKI Kepesertaan UMKM di Lokasi Binaaan atau Lokasi Sementara di Kecamatan Setiabudi yang diselenggarakan di Ruang Rapat BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Jakarta Sudirman (11/07).



Kepala Kantor Cabang (Kakacab) BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Sudirman Erni Purnamawati mengatakan mendiang Sunoyo bekerja sebagai pedagang di Pasar Karbela Setiabudi yang tercatat menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan mulai Mei 2018. Sedangkan mendiang Selfi Sinaga bekerja sebagai pedagang di UKM JS Nyi Ageng Serang dan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan mulai April 2018. "Kedua peserta ini meninggal dunia karena sakit," ujar Erni.

 

Menurut Erni, BPJS Ketenagakerjaan tidak pernah melihat berapa lama menjadi peserta jika terjadi musibah. BPJS Ketenagakerjaan akan langsung memberikan santunan sesuai kertentuan. Sesuai dengan amanah undang-undang, BPJS Ketenagakerjaan bertugas untuk memberikan perlindungan kepada seluruh pekerja di Indonesia melalui empat program yaitu jaminan kecelakaan kerja (JKK), jaminan hari tua (JHT), jaminan pensiun (JP), dan jaminan kematian (JKM).

“Program BPJS Ketenagakerjaan seperti pepatah sedia payung sebelum hujan. Kami memberi proteksi dari segala risiko kerja agar pekerja aman dan terlindungi dalam menjalankan aktivitas pekerjaan,” ujar Erni. Saat ini sebanyak 75 persen peserta seluruh pasar dan UKM di Kecamatan Setiabudi terlindungi. Adapun yang sudah menerima Jaminan Kematian sebanyak 4 orang dengan santunan Rp 24.000.000 / orang.

"Ada juga yang menerima JKK yaitu Ibu Karsinem yang mengalami kecelakaan masih dalam penanganan dokter dengan biaya yang sudah mencapai Rp 135.861.485, ibu Karsinem juga akan mendapatkan santunan sementara tidak mampu bekerja," ungkap Erni.

Di sinilah peran BPJS Ketenagakerjaan yang menanggung biaya pemulihan peserta kecelakaan kerja.Pada kesempatan itu juga BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Jakarta Sudirman kembali melakukan sosialisasi dan edukasi tentang program BPJS Ketenagakerjaan Kepada Seluruh Tamu yang hadir.(dni)