Meninggal Saat Jalankan Tugas, Penjaga Keamanan Komplek dapat Santunan BPJS Ketenagakerjaan


Posted : 08-06-2018 15:32:13

BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jakarta Salemba menyerahkan santunan Jaminan Kecelakaan Kerja sebesar kepada ahli waris peserta yang mengalami kecelakaan kerja saat menjalankan tugas sebagai petugas keamanan Kecamatan Kemayoran.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jakarta Salemba, Amdaustri Putra Tura mengatakan, penyerahan santunan sebesar Rp 182.905.680 rupiah tersebut diberikan sebagai bentuk komitmen pelayanan kepada peserta.

"Hari ini santunan kami berikan kepada ahli waris. Almarhum Riznandar ini bekerja sebagai petugas keamanan dan sudah mendaftarkan diri sebagai peserta kami," kata Amdaustri atau yang akrab disapa Riri saat memberikan santunan di acara pembukaan bazar yang digelar oleh Suku Dinas Koperasi dan UMKM serta Perdagangan Kota Administrasi Jakarta Pusat di Taman Pirus, Sumur Batu, Rabu (07/06/2018).

Riri berharap, santunan kematian akibat kecelakaan kerja yang diserahkan kepada ahli waris peserta dapat berguna bagi keluarga.

Ia juga mengimbau bagi pekerja yang belum terlindungi agar ikut segera setelah menyaksikan manfaat yang diserahkan kepada peserta tersebut.

Muhammad Hattan, ahli waris dari peserta yang mengalami kecelakaan mengatakan, pihak keluarga sangat bersyukur dengan klaim yang diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan.

“Saya berterimakasih kepada BPJS Ketenagakerjaan karena telah memberikan bantuan santunan kepada keluarga almarhum. Santunan tersebut tentunya akan sangat membantu keluarga almarhum," ungkapnya.

Sementara itu, dalam bazar tersebut pihak BPJS Ketenagakerjaan melakukan sosialisasi dan mengajak para pedagang binaan untuk bergabung menjadi peserta.

"Saat ini BPJS Ketenagakerjaan telah bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, baik dengan perangkat pemerintahan maupun pedagang binaan Suku Dinas KUMKMP yang ada di lokasi usaha sementara atau lokbin. Hanya cukup dengan iuran 20.000 rupiah pedagang dapat perlindungan Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian," imbuhnya.

Randy selaku Lurah Sumur Batu, Kemayoran menyatakan, program BPJS Ketenagakerjaan diharapkan dapat membantu warga termasuk pelaku usaha UKM agar bekerja lebih aman dan nyaman.

"Karena tidak hanya programnya yang bagus tapi proses klaimnya pun cukup mudah," ujarnya.

Randy menambahkan, perangkat wilayah RT RW, keamanan, kebersihan, kader jumantik dan kader posyandu di Kelurahan Sumur Batu telah terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

"Termasuk para pedagang di bazar ini, kami harapkan untuk bisa bergabung dengan BPJS Ketenagakerjaan karena manfaatnya yang besar," imbuhnya


Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Max Agung Pribadi