BPJS Ketenagakerjaan Peduli Bencana


Posted : 13-03-2018 10:50:14

TEGAL - Sebagai wujud program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Tegal menyalurkan bantuan untuk korban bencana banjir di Pesurungan Kidul Kecamatan Tegal Barat, Jumat (9/3) pagi.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tegal, Alfian mengatakan, bantuan diberikan kepada masyarakat yang terkena musibah banjir di beberapa wilayah baik di Kota Teg maupun di Kabupaten Brebes.

"Ini wujud kepedulian BPJS Ketenagakerjaan kepada masyarakat yang terkena musibah banjir," ungkapnya.

Bantuan yang diberikan, lanjut Alfian, berupa sembako sejumlah 200 paket. Termasuk perlengkapan bayi dan susu.

Harapannya, lanjut Alfian, bantuan ini bisa meringankan beban korban banjir dan lebih mendekatkan BPJS Ketenagakerjaan dengan masyarakat. "Kami juga berharap mereka bisa menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan," tutur Alfian.

BPJS Ketenagakerjaan adalah program pemerintah yang sifatnya wajib bagi semua pekerja baik sektor formal maupun informal. Sektor informal mulai dari pembantu rumah tangga, tukang ojek, tukang sayur, tukang becak, kuli bangunan, dan bukan penerima upah lainnya yang perlu dilindungi.

Untuk sektor informal bisa memilih 2 program di BPJS Ketenagakerjaan, yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian baik kematian biasa karena sakit atau kecelakaan kerja.

"Cukup dengan membayar iuran Rp16.800 per bulan," jelas Alfian.

Sementara untuk sektor formal-nya minimal ada 3 program yaitu Kecelakan Kerja, Kematian, dan Tabungan Hari Tua serta Jaminan Pensiun. Untuk kelas menengah wajib mengikuti 4 program sesuai

Uun nomor 24 tahun 2011 tentang BPJS Ketenagakerjaan.

Harapannya, semua pekerja sektor formal dan informal terlindungi Program BPJS Ketenagakerjaan baik pemerintah daerah, walikota/bupati untuk sama-sama memberikan sosialisasi dan perlindugan kepada warga di kabupaten dan kota sehingga semua masyarakat bisa terlindungi. (dya/zul/adv)