Manfaat dan Keuntungan Menjadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan


Posted : 01-11-2016 10:10:04

Paparan penjelasan dari tujuan dan manfaat program BPJS Ketenagakerjaan oleh kepala BPJS Ketenagakerjaan KCP Lahat Bapak Sunjana di ruangan yang berlambat Jln Kol. Berlian Blok D No. 4 (Gedung Graha) Kelurahan Bandar jaya Lahat.

Saat dikonfirmasi lahat Online Senin (31/10/2016), Kepala BPJS Ketenagakerjaan KCP lahat Bapak Sunjana menjelaskan tentang awal terbentuknya BPJS Ketenagakerjaan yang sebelumnya Bernama PT. Jamsostek (persero) yang diatur oleh UU No. 3 Tahun 1992 Tentang Jaminan Sosial Tenaga Kerja mengalami proses transformasi per 1 Januari 2014 menjadi BPJS Ketenagakerjaan sesuai amanah UU No. 24 Tahun 2011 Tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.

Adapun produk jasa yang disediakan oleh BPJS Ketenagakerjaan yang diatur oleh UU No. 24 Tahun 2011 pasal 6 ayat (2) tentang badan penyelenggara jaminan sosial antara lain:

1. Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK)
2. Program Jaminan Hari Tua (JHT)
3. Program Jaminan Kematian (JK), dan
4. Jaminan Pensiun (JP)

Manfaat dan keuntungan yang didapatkan karena:

1. Menanggulangi resiko sosial apabila terjadi musibah yang dialami oleh tenaga kerja
2. Memiliki kepastian dalam menghadapi hari tua dan Pensiun.
3. Mengutamakan pelayanan prima kepada peserta dalam memberikan layanan.

Lebih lanjut Sunjana mengatakan, "saya sangat berharap kepada masyarakat pekerja dikabupaten lahat supaya ikut serta bergabung bersama kami di BPJS Ketenagakerjaan, disini kami juga mengajak kepada masyarakat yang non pekerja perusahaan maksudnya untuk masyarakat yang hanya sebagai pekerja lepas seperti Petani, Tukang Ojek, Pedagang dan lai-lain.

Selain itu Sunjana menyampaikan informasi kepada masyarakat yang ingin bergabung di BPJS Ketenagakerjaan sangatlah mudah dengan cara mendatangi langsung kantor BPJS Ketenagakerjaan dengan membawa persyaratan foto copy Ktp (Ktp yang sudah Elektronik) dengan iuran rendahnya perbulan Rp 16.000,- Jelasnya lagi.

Masih kata Sunjana, kami dari BPJS Ketenagakerjaan sangat peduli dengan kesejahteraan dan jiwa masyarakat. "Mari bergabung bersama BPJS Ketenagakerjaan, Lindungi Jiwamu, Lindungi Keluargamu dan Sejahterakan Masa tuamu Bersama BPJS Ketenagakerjaan". Ungkapnya sembari mengakhiri obrolan.