28/02/2014

BPJS Ketenagakerjaan Jalin Kerjasama Dengan Pemerintah Kabupaten Bogor

, Cabang Bogor II -

Pemerintah Kabupaten Bogor menyambut baik program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Kabupaten Bogor dalam hal ini Kantor Cabang Bogor II, untuk memberikan jaminan ketenagakerjaan berupa jaminan social kepada Pekerja Negeri Sipil (PNS), Pegawai Tidak Tetap (PTT) atau Tenaga Honorer dilingkup pemerintahan “Bumi Tegar Beriman”.

Wakil Bupati Bogor Nurhayanti mengatakan, sosialisasi yang dilakukan BPJS Ketenagakerjaan merupakan hal baru bagi PNS dan CPNS di kabupaten Bogor. Karena sebelumnya PNS dan CPNS hanya tahu program Asuransi Kesehatan (Askes) dan Tabungan Pensiun (Taspen). “ Saya melihat program yang dipaparkan BPJS Ketenagakerjaan ini sangat baik bagi kelangsungan hidup para PNS dan CPNS di Kabupaten Bogor,” Nurhayanti usai di jumpai Jurnal Bogor, di Kantor Wabup Bogor, Kamis 927/2). 

Namun kata Yanti, hal tersebut akan dibicarakan terlebih dahulu mengingat program yang digulirkan akan membebankan anggaran perbelanjaan APBD Kabupaten Bogor. “Dan hal tersebut sebelumnya sudah dilakukan oleh Disnakertrans Kabupaten Bogor khusus untuk pegawai internalnya. “paparnya.

Dijelaskannya, memang sudah menjadi tanggung jawab pemberi kerja yang dalam hal ini pemerintah daerah yang akan menjamin terlaksananya BPJS Ketenagakerjaan di Kabupaten Bogor, yang dikeseluruhan PNS dan CPNS di Bumi Tegar Beriman lebih dari 20.000 PNS yang tersebar di wilayah Kabupaten Bogor. 

Dari segi program saya melihat hali ini cukup bagus dan hal baru untuk PNS, selain Visi Misi Kabupaten Bogor menjadi Kabupaten termaju di Indonesia, mungkin BPJS Ketenagakerjaan bisa menjadi ciri untuk menjadikan PNS dan CPNS lebih sejahtera, “ungkapnya.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Bogor II Kabupaten Bogor, Sudirman Simamora menambahkan, bahwa dari Peraturan Pemerintah (PP) nomor 85 tahun 2013 berisikan kerjasama Hubungan Kelembagaan sehingga perlu adanya sinergitas BPJS Ketenagakerjaan dengan Pemerintah Daerah dalam rangka optimalisasi keikutsertaan BPJS ketenagakerjaan pada lingkup PNS dan diharapkan Pemerintah Kabupaten Bogor menerapkan pelayanan satu pintu artinya semua instansi terkait di kabupaten Bogor ikut terlibat dengan mensyaratkan bahwa segala sesuatu aktivitas  dari pemberi kerja maupun pekerja itu wajib BPJS Ketenagakerjaaan. 

Sementara itu Kadisnakertrans Kabupaten Bogor, Nuradi menjelaskan apa yang sudah dipaparkan BPJS Ketenagakerjaan merupakan hal penting, dimana ada Peraturan Perundang-undangan yang menyatakan PNS wajib di proteksi dan mendapatkan jaminan yang selama ini tidak dimiliki oleh para PNS dan CPNS diseluruh Indonesia, sehingga yang sebelumnya hanya pihak pekerja swasta yang mendapatkan proteksi dari program BPJS Ketenagakerjaan kini PNS pun akan mendapatkan proteksi yang sama, sehingga PNS dan yang berada disektor-sektor yang rentan terhadap resiko kecelakaan seperti Pemadam Kebakaran, DLLAJ dan Satpol PP juga menjadi lebih terjamin dalam bekerja. (MR)

(M Rizal)
hari
0
0
0
jam
0
0
menit
0
0
detik
0
0
Temukan Kemudahan Di
BPJS Ketenagakerjaan