24/02/2014

BPJS Kaji Program Pensiun dengan Lembaga Dapen

Bandung, Antarajawabarat.com - Antarajawabarat.com, 23/2 - BPJS Ketenagakerjaan melakukan pengkajin rencana pembentukan program pensiun terharap operasional lembaga dana pensiun yang telah dimiliki sejumlah perusahaan.

"Produk baru yakni program pensiun akan diluncurkan pada Juli mendatang, namun kita masih terus melakukan pengkajian nilai iurannya, juga dengan lembaga dana pensiun yang telah dimiliki sejumlah perusahaan," kata Direktur Keuangan BPJS Ketenagakerjaan Hendrik Trisanto di sela-sela Costumer Gathering di Bandung, Minggu.

Ia menyebutkan saat ini BPJS Ketenagakerjaan mengelola tiga produk jaminan sosial yakni jaminan hari tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian.

Sedangkan Jaminan Kesehatan telah dilimpahkan kepada BPJS Kesehatan yang dulunya PT Askes.

"Nanti jumlah produk tetap empat, yakni dengan kehadiran program pensiun. Sifatnya wajib bagi pekerja, dan Perusahaan harus mengikutsertakannya," kata Hendrik.

Terkait kemungkinan 'tarik menarik' dengan dana pensiun yang telah dikembangkan oleh perusahaan, kata dia akan menjadi salah satu kajian dan evaluasi, sehingga ke depan layanan program pensiun bisa diterima dan efektif.

"Kita juga mempertimbangkan Dana Pensiun perusahaan, pasalnya mereka juga sudah lama berdiri dan tentunya telah melakukan investasi. Jelas kita tidak bisa jalan sendiri tanpa mempertimbangkan mereka," katanya.

Hendrik menyebutkan adanya dana pesiun tersebut, menjadi pertimbangan BPJS Ketenagakerjaan, terutama untuk menetapkan besaran iuran.

"Kita terus menghitung, pasalnya biaya yang harus dibayarkan harus sesuai dan terjangkau masyarakat. Tentunya terkait banyaknya jaminan yang harus mereka bayarkan sehingga tidak membebani, jaminan kitu wajib bagi pekerja, namun kita lihat saja nanti," katanya.

Lebih lanjut, Direktur Keuangan BPJS Ketenagakerjaan itu menyebutkan, perbedaan JHT dengan Program pensiun adalah dari sisi pencairan jaminan itu.

"JHT itu dibayar sejaligus saat pensiun, sedangkan program pensiun adalah yang mereka terima setiap bulanya. Jelas berbeda paketnya dan saat ini kami masih terus mengkajinya," kata Hendrik Trisanto menambahkan. (redaksi )
hari
0
0
0
jam
0
0
menit
0
0
detik
0
0
Temukan Kemudahan Di
BPJS Ketenagakerjaan