Gandeng BPJS Ketenagakerjaan, Rumah Zakat Bangun Desa Berdaya Tahun Ini

Posted: 15 hari lalu


gomuslim.co.id- Baru-baru ini, BPJS Ketenagakerjaan bersama Rumah Zakat menjalin kerjasama dalam program Desa Berdaya. Pelaksanaan kesepakatan kerjasama ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MOU) di Hotel Sartika jalan Prof. Dr. Satrio Blok B7/A3-01, CBD Bintaro Jaya Kota Tangerang.

Ketua Yayasan Al-Maghfirah BPJS Ketenagakerjaan, H. Didin Haryono dan Direktur Marketing, Irvan Nugraha mewakili penandatanganan kerjasama tersebut. Dana sosial yang terkumpul oleh BPJS Ketenagakerjaan merupakan dana yang dihimpun dari zakat karyawan BPJS Ketenegakerjaan. Dana tersebut akan dimanfaatkan untuk pengembangan Desa Berdaya Rumah Zakat.

“Zakat karyawan BPJS Ketenagakerjaan yang dipotong setiap bulan ini, berharap dapat bermanfaat bagi masyarakat terutama masyarakat Desa Berdaya binaan Rumah Zakat. Program Desa Berdaya ini juga selaras dengan program Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan,” tutur Didin.

Selain kerjasama program desa berdaya dengan rumah zakat juga akan bekerjasama pendampingan tata kelola zakat dari Yayasan Al Maghfirah BPJS Ketenagakerjaan. Ada 4 Desa Berdaya yang akan menjadi konsentrasi penyaluran zakat karyawan BPJS Ketenagakerjaan di tahun 2018.

“ Desa Berdaya yang memanfaatkan dana zakat karyawan BPJS Ketenagakerjaan adalah Desa Aglik, Desa Purworejo, Desa Sukadalem dan Desa Sinarsari. Ada kemungkinan ada penambahan dari jumlah desa-desa tersebut. Karena potensi zakat karyawan BPJS Ketenagakerjaan masih belum terhimpun maksimal. Selain itu, Rumah Zakat mendukung edukasi program Negara berupa jaminan sosial di desa-desa melalui aktivitas pendampingan fasilitator pemberdaya,” tutur Irvan Nugraha CMO Rumah Zakat.

Adapun, kerjasama tersebut berfungsi untuk mengembangkan program kesehatan, pendidikan, ekonomi dan pelestarian lingkungan di Desa Berdaya binaan Rumah Zakat dan BPJS Ketenagakerjaan.

“Tahun 2018, Rumah Zakat menargetkan untuk membina sebanyak 1230 Desa Berdaya. Hal ini menjadi potensi dan peluang bagi masyarakat secara indvidu atau komunitas untuk berkontirbusi dalam mensejahterakan. Dari Desa membangun Negeri,” ungkap Irvan.

Untuk diketahui, Rumah Zakat adalah lembaga filantropi yang mengelola zakat, infak, sedekah, serta dana sosial lainnya melalui program-program pemberdayaan masyarakat. Program pemberdayaan direalisasikan melalui empat rumpun utama yaitu Senyum Juara (pendidikan), Senyum Sehat (kesehatan), Senyum Mandiri (pemberdayaan ekonomi), serta Senyum Lestari (inisiatif kelestarian lingkungan). (fau/rz/dbs)