Desa Simpang Harapan Jalin Kerja Sama Dengan BPJS Ketenagakerjaan

Posted: 11 hari lalu

ROKAN HULU, UTUSANRIAU.CO - Desa Simpang Harapan Kecamatan Tambusai Utara Kabupaten Rokan Hulu jalin kerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kantor Cabang Pekanbaru Panam dan Kantor Cabang Pembantu (KCP) Rokan Hulu 10/9/2017).

Kerja sama antara Desa Simpang Harapan dengan BPJS Ketenagakerjaan diresmikan langsung oleh bupati Rokan Hulu, H. Suparman, S. Sos. M. Si bersama Kadis DPMPD Rohul H. Abdul Haris. Peresmian itu ditandai dengan pemotongan pita dan penyerahan kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan kepada Bupati Rohul Suparman.

Hadir dalam acara itu, Camat Tambusai Utara Zulhendri, Danramil 11 Tambusai, Kapolsek Tambusai Utara, Kades Simpang Harapan, Kaslan dan kades se-Tambusai Utara serta undangan lainnya.

Bupati Rokan Hulu, H. Suparman S.Sos. MSI mengajak kepada seluruh elemen, baik perusahaan maupun pribadi untuk mendukung program pemerintah yakni dengan cara mendaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

"BPJS Ketenagakerjaan ini merupakan program dari pemerintah untuk melindungi masyarakatnya dari berbagai resiko yang mungkin terjadi, jadi mari kita dukung bersama,” ajaknya.

Kades Simpang Harapan, Kaslan (10/9) mengaku seluruh apatarur desanya sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, hal ini sangat penting mengingat seluruh masyarakat dalam bekerja tidak lepas dari segala resiko yang mungkin saja terjadi.

"Kita di aparatur sudah memulainya menjadi peserta BPJS, jadi marilah kepada masyarakat untuk ikut bergotong royong dalam menjaminkan dirinya di BPJS Ketenagakerjaan,” ungkapnya.

Dikatakan Kaslan, Pemerintah Desa Simpang Harapan siap mempasilitasi warganya untuk ikut di program BPJS Ketenagakerjaan. Seperti melibatkan BUMDes sebagai perpanjangan tangan kantor BPJS Ketenagakerjaan di tingkat desa.

 

"Masyarakat tak perlu jauh-jauh untuk mendaftar di Ibu Kota Pasir Pengaraian, kami menyediakan pos pendaftaran di kantor BUMDesa,” katanya.

Seperti diketahui, dengan membayar sebesar Rp16.800 bagi peserta bukan penerima upah, keuntungan yang didapat sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan berupa jaminan biaya perawatan kecelakaan kerja yang tidak berbatas, tunjangan kematian sebesar Rp24 juta hingga Rp48 juta dan tambahan beasiswa bagi anak yang ditinggalkan menjadi hak peserta.

Dalam kegiatan peluncuran Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan berbagai hiburan dilakukan, seperti hiburan masyarakat Reog Ponorogo, pembagian doorprize, hiburan keybord yang dilanjutkan pelayanan pendaftaran peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Masih ditempat yang sama Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Pekanbaru Panam, Wisnu Eko Prihartono (10/9), didampingi Kepala Kantor Cabang Pembantu (KCP) Rohul Sawir Achmadi mengatakan, program ini dilakukan untuk memberikan perlindungan kepada seluruh aparatur dan masyarakat Desa Simpang Harapan dengan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan dan menjadikan Desa Simpang Harapan Sebagai percontohan Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Kabupaten Rohul.

Pembentukan Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan tersebut, lanjutnya, agar masyarakat mengenal lebih dekat program BPJS Ketenagakerjaan.

"Dengan demikian, akan dapat menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan bagi masyarakat pekerja formal maupun informal di desa Simpang Harapan,” ujar Wisnu.

Ia menerangkan, dengan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, berarti melindungi diri sendiri dan keluarga dari risiko yang terjadi.

"Penetapan Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan merupakan komitmen BPJS Ketenagakerjaan, yakni melindungi dan mensejahterakan seluruh pekerja dan keluarganya dan meningkatkan produktivitas dan daya saing pekerja serta mendukung pembangunan dan kemandirian perekonomian nasional,” terangnya.(Adv/ Humas)