Harpelnas BPJS Ketenagakerjaan Pacitan, Capaian Peserta Lebihi Target

Posted: 9 hari lalu

PACITAN, beritalima.com – Ini kabar positif. Masyarakat pekerja di Kabupaten Pacitan semakin banyak yang sadar akan pentingnya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

Data yang didapat beritalima.com menyebutkan, penambahan peserta baru BPJS Ketenagakerjaan KCP Pacitan tahun ini telah melebihi dari yang ditargetkan, sudah di atas 100%.

Data tersebut diperoleh saat media ini melihat peringatan Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) 2017 di BPJS Ketenagakerjaan KCP Pacitan, pekan lalu.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan KCP Pacitan, Indra Gunawan, bersama dua karyawan lain yang pakaiannya tidak seperti biasa (dalam kali ini dilengkapi dengan rompi dan topi proyek bagi yang pria, dan pakai slempang bagi yang cewek), tampak semangat menyambut kedatangan setiap peserta maupun tamu lainnya.

Indra mengatakan, di Hari Pelanggan Nasional ini pihaknya sengaja memberi layanan istimewa pada setiap peserta maupun calon peserta yang datang. Harapan Indra, supaya mereka terkesan dan senang, sehingga kepesertaan mereka tidak putus.

Indra menjelaskan, bagi peserta formal yang sudah putus hubungan kerja tetap bisa melanjutkan kepesertaannya di BPJS Ketenagakerjaan di sektor informal, senyampang umurnya belum lebih 56 tahun.

Layanan istimewa di Harpelnas ini, juga diperlihatkan BPJS Ketenagakerjaan KCP Pacitan dengan menghias ruang layanan dengan berbagai asesoris berupa balon, kertas serta payung.

Kemudian, disediakan pula makanan dan minuman secara gratis. Tidak hanya itu, setiap peserta yang datang selalu diberi souvenir, dan hadiah bagi yang bisa menjawab pertanyaan ringan seputar program-program BPJS Ketenagakerjaan.

Saat merayakan Harpelnas 2017 itu, BPJS Ketenagakerjaan KCP Pacitan juga banyak menerima pendaftaran peserta baru, baik sektor formal maupun informal. Dan, pada hari itu, Senin (4/9/2017), dilakukan penyerahan kartu peserta, di antaranya kepada tenaga kerja harian lepas penyuluh pertanian.

Indra mengaku sangat bersyukur atas peningkatan kesadaran masyarakat Pacitan tentang kebutuhan jaminan sosial ketenagakerjaan. Sebagaimana data yang diberikan, jumlah peserta baru BPJS Ketenagakerjaan KCP Pacitan telah melebihi dari yang ditargetkan tahun ini.

Sampai akhir Agustus 2017, penambahan peserta baru tercatat sebanyak 295 perusahaan, lebih dari target tahun ini 209 perusahaan.

Sedangkan tambahan angka kepesertaan tenaga kerja hingga Agustus 2017 sudah mencapai 5.044 tenaga kerja, sementara target tahun ini 2.757 tenaga kerja.

Dengan tambahan itu, jumlah peserta BPJS Ketenagakerjaan KCP Pacitan hingga akhir Agustus 2017 tercatat 699 perusahaan dan 9.570 tenaga kerja.

Angka tersebut belum termasuk angka kepesertaan bukan penerima upah (BPU). Tambahan peserta BPU hingga akhir Agustus 2017 tercatat 1.536, sementara target tahun ini 1.356 tenaga kerja.

Sementara untuk kepesertaan jasa konstruksi, hingga akhir Agustus 2017 BPJS Ketenagakerjaan KCP Pacitan mendapat tambahan peserta 860 proyek dengan 13.077 tenaga kerja, sementara target tahun ini 142 proyek dengan 7.676 tenaga kerja.

Indra mengakui, capaian kepesertaan yang sangat menggembirakan ini tak lepas dari suport Pemerintah Kabupaten Pacitan pada umumnya, dan Bupati Indartato khususnya. (Ganefo).