BPJS TK Cabang Bali Gianyar Berikan Santunan pada Atlet

Posted: 2 bulan lalu

indonesiaexpose.net - Perlidungan menyeluruh atas jaminan sosial ketenagakerjaan kepada seluruh pekerja di Indonesia merupakan hal yang penting untuk dicapai , mengingat tingkat urgensinya yang sangat tinggi dalam mencapai kesejahteraan. BPJS Ketenagakerjaan melalui empat program yang diselenggarakan menyediakan perlindungan atas resiko-resiko kerja,yaitu melalui Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK),Jaminan Kematian (JK), Jaminan Hari Tua (JHT), dan Jaminan Pensiun (JP).

Seluruh program perlindungan ini diperuntukan bagi seluruh pekerja yang bekerja disektor formal atau Penerima Upah (PU), sementara pekerja informal atau Bukan Penerima Upah (BPU) dapat memiliki tiga jenis perlindungan dari BPJS Ketenagakerjaan yaitu JKK,JKM dan JHT. Atlet merupakan salah satu profesi yang memiliki risiko cukup tinggi karena terkait dengan banyaknya aktifitas fisik yang dilakukan , belum lagi resiko terjadinya kecelakaan diluar arena perlobaan atau latihan.

Atlet merupakan salah satu kategori pekerja PU yang wajib memiliki perlindungan atas jaminan sosial ketenagakerjaan dari BPJS Ketenagakerjaan. Atlet Olah Raga Panjat Tebing merupakan salah satu cabang olahraga yang saat ini telah memiliki perlindungan dari BPJS Ketenagakerjaan untuk mengantisipasi risiko kerja yang mungkin menimpa mereka.

Kepala Kantor BPJS TK Cabang Bali Gianyar, A.A.Karma Krisnadi, menyerahkan santunan kecelakaan kerja kepada Made Adistya agustina , Atlet panjat tebing dari kontigen Gianyar peserta Porprov Bali XIII/2017, di RS Arisanthi kab.Gianyar, Bali kemarin.

 

"Atlet Porprov Bali XIII/2017 , saat ini sebanyak 5.519 peserta sudah terlindungi oleh program BPJS Ketenagakerjaan.Peran kami sebagai bentuk kehadiran negara untuk atlet Indonesia. Kami juga lakukan inovasi dalam manfaat tambahan dengan lakukan sosialisasi baik ke Pemda dan Desa-Desa setempat ," ujar Krisnadi kepada INDEX saat ditemui di Gianyar Jumat ( 8/9/2017).

Selain itu, perlindungan atas kematian juga sangat penting,mengingat kebudayaan masyarakat Bali ada upacara adat Ngaben atau Kremasi ,yaitu sebuah ritual yang dilakukan untuk mengirim jenazah pada kehidupan mendatang.

Cakupan kepesertaan dari BPJS Ketenagakerjaan di Kantor Cabang Gianyar ,Bali  saat ini mencapai 256.000 peserta yang terdaftar atau 40 persen dari total penduduk Kab.Gianyar Bali.

"Pemberian santunan kecelakaan kerja merupakan amanah undang-undang. Bagi atlet Porprov Bali XIII/2017 yang mengalami cidera sewaktu berlatih ,berhak mendapatkan santunan perawatan hingga sembuh total dari pihak BPJS TK," tutup Krisnadi.