BPJS Ketenagakerjaan Sosialisasi Manfaat BPJS pada Kelompok Perempuan di Kendari

Posted: 2 bulan lalu

ZONASULTRA.COM – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan cabang Kendari melalui sosialisasi mengenalkan manfaat program BPJS Ketenagakerjaan kepada kelompok Konstituen Mepokoasa Kelurahan Mataiwoi, Kecamatan Wuawua pada Jumat (8/9/2017) lalu di aula kelurahan setempat.

Ketua Kelompok Konstituen Mepokoasa Asriani Abbas mengatakan, sosialisasi yang disampaikan oleh BPJS Ketenagakerjaan memberikan pemahaman kepada para peserta yang mayoritasnya merupakan pemilik usaha rumahan, seperti warung sembako, laundry, pengisisan galon, dan lainnya bahwa ternyata BPJS Ketenagakerjaan juga bisa melindungi pekerja yang informal.

Menurutnya, sebagian anggota kelompok konstituen mengira jaminan sosial hanya untuk pekerja kantoran, dan bahkan mengira hanya ada satu BPJS.

“Anggota kelompok kami tahunya hanya BPJS saja, padahal kan BPJS itu ada dua Kesehatan dan Ketenagakerjaan,” ungkap Asriani.

Bagi mereka, dengan adanya program ini bisa membuat nyaman dan aman selama mereka bekerja walaupun kategori usaha atau pekerjaan mereka tergolong kecil atau mikro, tetapi tidak terlepas juga dari risiko pekerjaan. Olehnya itu, mereka sangat menyambut baik program BPJS Ketenagakerjaan.

Sementara itu, Anggota Rumpun Perempuan Sultra (RPS) Helni Setiawan mengatakan kelompok Konstituen Mepokoasa ini adalah salah satu kelompok binaan dari RPS, yang selama ini bergerak dalam mengadvokasi masalah perempuan diantaranya jaminan sosial ketenagakerjaan.

Olehnya itu, dengan telah usainya dilakukan sosialisasi, Rumpun Perempuan Sultra siap bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk bersama-sama mengedukasi tentang manfaat dan program BPJS Ketenagakerjaan di seluruh kelompok konstituen yang dimiliki oleh Rumpun Perempuan Sultra.

Mengingat, Jaminan Sosial Ketenagakerjaan adalah hak yang harus dimiliki oleh seluruh pekerja. Tanpa memandang jenis pekerjaannya maupun gendernya.