11.000 TKI Daftar BPJS Ketenagakerjaan Sejak Awal Agustus

Posted: Sebulan lalu

Bandung - Kementerian Tenaga Kerja mewajibkan TKI untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan mulai 1 Agustus 2017. Sampai saat ini telah ada 11 ribuan TKI yang telah mendaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

"Selama enam hari dibuka pendaftaran, jumlah TKI yang mendaftar BPJS Ketenagakerjaan mencapai 11.100 orang," kata Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto, saat ditemui usai menghadiri acara Gebyar Pemberdayaan Disabilitas di Pusdai Jabar, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa (8/8/2017).

Agus mengatakan, demi memberi pelayanan kepada para TKI pihaknya membuka pendaftaran selama 24 jam. Selain itu pihaknya juga menyiapkan sistem online untuk melayani masyarakat yang inin mendaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Dia berharap, semua TKI bisa tercover atau mendaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Baik yang baru akan berangkat atau yang sudah berangkat dan bekerja di luar negeri.

"Untuk TKI yang sudah di luar negeri mereka sudah terdaftar asuransi sebelumnya. TKI yang mulai berangkat tanggal 1 sudah harus terdaftar BPJS. Bagi yang perpanjang juga mereka mulai daftar di BPJS Ketenagakerjaan," terang Agus.

Di lokasi yang sama, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dakhiri menyambut baik respons yang ditujukan TKI dengan kebijakan yang dikeluarkan. Pihaknya akan terus melakukan sosialisasi agar semua TKI bisa menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

"Kementerian dan BPJS Ketenagakerjaan terus menggenjot melalui sosialisasi. Baik kepada calon TKI, TKI, BPJTKI dan semua stakeholder," katanya.

Hanif berharap dengan ikut sertanya TKI sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan bisa mengakomodir kebutuhan para TKI.

"Intinya kita dorong BPJS bisa memperkuat aksesnya baik pembayaran dan klaim. Dengan semakin kuatnya akses baik pembayaran dan klaim peningkatannya cepat terjadi," tutur Hanif. (hns/hns)