42.509 Perusahaan Tergabung BPJS Ketenagakerjaan

Posted: 2 bulan lalu

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Jateng dan DIY mencatat, jumlah perusahaan yang terdaftar di wilayahnya hingga bulan Mei 2017 sudah mencapai 42.509. Dari jumlah tersebut, tenaga kerja aktif yang terdaftar sebanyak 2.426.036 orang.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Jateng dan DIY, Irum Ismantara mengatakan, untuk jumlah perusahaan baru yang mendaftar sampai dengan posisi Mei 2017 sebanyak 5.095 perusahaan baru dengan 220.780 tenaga kerja baru yang didaftarkan. Jumlah tersebut dipastikan akan terus meningkat seiring tingkat kesadaran perusahaan akan jaminan terhadap tenaga kerjanya yang makin tinggi.

“Berbagai upaya untuk mendongkrak kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan juga terus kami lakukan,” katanya.

Untuk meningkatkan jumlah kepersertaan tersebut, lanjutnya, BPJS Ketenagakerjaan melaksanakan beberapa program kerja. Sejauh ini, program kerja yang sudah direalisasikan dalam peningkatan kepesertaan di antaranya kerja sama dengan pemerintah daerah dan perbankan.

“Dalam rangka perlindungan para perangkat desa se-wilayah Jawa Tengah dan DIY, kami juga telah bekerja sama dengan Pemerintah Kota Surakarta dan BTN untuk memudahkan proses pembayaran iuran dan pendaftaran kepesertaan khusus pedagang pasar Klewer,” terangnya.

Selain itu, tambah Irum, pihaknya juga melakukan kerja sama dengan Bank Jateng dalam program tanggung jawab sosial perusahaan dalam bentuk stimulus iuran kepada 7.000 pekerja rentan di wilayah Jawa Tengah. Dari 7.000 pekerja ini didaftarkan dalam program BPJS Ketenagakerjaan khususnya program peserta informal atau bukan penerima upah (BPU).

Sementara itu, sebagai bagian lain dari pelayanan, pihaknya bekerja sama dengan enam balai latihan kerja pada program JKK Return To Work.

“Kerja sama ini untuk memberikan pelatihan kerja bagi peserta yang menyandang disabilitas akibat kecelakaan kerja agar sedini mungkin dapat kembali bekerja,” tandasnya.(aln/mg9)